Sejarah Email
Surat
elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu internet belum
terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan computer yang terbentuk sebagai jaringan.
Konsep e-mail sendiri pertama kali dikemukakan oleh Ray Tomlinson, seorang computer
engineer pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt,
Beranek and newman (BBN) milik lembaga pertahanan Amerika.
Awalnya
Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan
untuk meninggalkan pesan pada sebuah computer, sehingga orang lain yang memakai
computer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu, ia melanjutkan
eksperimenya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga
program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke computer lain yang berada di dalam
jaringan ARPnet. Itulah awal terciptanya sebuah e-mail. Pesan e-mail yang
pertama kali dikirim Ray dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah
“QWERTYYUIOP”
Pada
tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘@’ sebagai identitas e-mail untuk memisahkan
user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at”atau”pada”.
Contoh
alamat e-mail :
Sahrudin
: nama kotak surat (mailbox) atau nama pengguna (username) yang ingin dituju
dalam mailserver yahoo.com : nama mailserver tempat pengguna yang dituju,
rincianya : yahoo : subdomain (milik pemegang nama domain), biasanya merujuk ke
suatu computer dalam lingkungan pemilik domain com : menunjukan bahwa domain
ini termasuk kategori bisnis/komersial.
Sebuah
alamat e-mail terdiri atas dua bagian seperti contoh di atas yaitu di sebelah
kiri tanda @ disebut user id (paksiman), yang menunjukan identitas pemilik
e-mail tersebut. User id ini dapat berupa nama pemilik, singkatan nama,
nickname, nomor atau apapun juga. Sedangkan teks setelah lambing @ (yahoo.com
disebut domain name/hostname yang menunjukan identitas domain tempat e-mail
(mail server) tersebut disimpan.
Mulai
tahun 1980-an surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh kalangan umum.
Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai Negara menurun penghasilanya
disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.
Pengertian E-mail
E-mail
adalah surat melalui media elektronik.Sebenarnya email merupakan singkatan dari
“Electronic mail”. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa
teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke
alamat lain di jaringan internet.
Email
adalah fasilitas di internet untuk keperluan surat menyurat. Sebagaimana
layaknya kegiatan surat-menyurat melalui jasa pos, email mampu menangani jasa
pengiriman berita dan dokumen dalam bentuk data elektronik (file), termasuk
jasa e-card (kartu ucapan elektronik). Untuk memanfaatkan fasilitas email,
sebelumnya harus memiliki sebuah alamat email, yang lazim disebut email address
atau email account. Account email dapat diperoleh dari sebuah situs penyedia
fasilitas email. Hingga saat ini, fasilitas e-mail banyak disediakan secara
gratis oleh situs-situs internetlokal dan internasional (tidak dibedakan
fungsinya).
Bentuk umum
sebuah alamat email adalah sebagai berikut:
1.
Nama :
identitas alamat pemilik email (login nama atau user id).
2.
@ : dibaca at
(artinya di).
3.
Situs.com :
alamat situs penyedia fasilitas email.
Kode akhiran situs (seperti .com atau .net)
menyesuaikan kategori yang dimiliki situs penyedia fasilitas email tersebut.
Sebagai contoh : Rifda@telkom.net
dibaca “e-mail si Rifda di telkom.net” (Rifda memanfaatkan layanan situs
dari telkom.net).
Bisa saja seseorang dengan nama yang sama memiliki
alamat e-mail lebih dari satu, baik pada situs penyedia e-mail yang sama maupun
yang berlainan. Misalnya untuk mempermudah pengelolaan surat, dibua satu alamat
e-mail untuk surat-surat pribadi dan satu alamat e-mail untuk urusan bisnis.
Jika digunakan fasilitas e-mail dari situs yang sama,
maka identitas nama kedua e-mail hrs dibedakan, contoh:
Meskipun
demikian, untuk alamat e-mail pribadi, sebaiknya cukup dimiliki satu atau dua
saja karena jika terlalu banyak menjadi tidak efisien dan akan membuat repot
sendiri untuk mengingat dan mengelolanya.
Anatomi Alamat Email
Alamat email
terdiri dari dua bagian yang dipisahkan dengan tanda axon / @.
Misalnya
alamat: Rifda@yahoo.com
Di sebelah kiri
@ disebut user name (Rifda), yang menunjuk pada identitas si pemilik alamat
email. User name bisa merupakan nama si pemilik, singkatan nama, nickname,
nomor, atau apapun juga. User name juga menjadi nama bagi emailbox yang
dimiliki seseorang di sebuah mail server.
Di sebelah
kanan @ (yahoo.com) disebut domain name, yang menunjukkan identitas mail server
di mana seorang user memiliki emailbox.
Domain name
biasanya menunjukkan nama perusahaan atau organisasi pemilik sebuah account.
Misalnya :
·
liputan6@sctv.co.id
(crew acara Liputan6 di SCTV)
·
ylbhi@ylbhi.org
(Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia)
·
kompas@kompas.com
(Surat Kabar Harian Kompas) Selain itu, dari bagian paling belakang dari sebuah
email kita bisa memperoleh beberapa dugaan mengenai pemiliknya.
·
.com, biasanya
ini dimiliki oleh perusahaan komersial atau usaha bisnis lainnya
·
.edu, biasanya
menunjukkan bahwa pemiliknya adalah sebuah universitas atau institusi
pendidikan
·
.gov, dimiliki
oleh instansi pemerintah
·
.mil, dimiliki
instansi militer
Sama halnya
dengan surat biasa (snail mail) yang harus melewati beberapa kantor pos sebelum
sampai ke tujuannya, begitu dikirimkan oleh seseorang melalui komputer yang
tersambung ke internet sebuah email masuk ke beberapa komputer lain di
sepanjang jaringan internet. Komputer-komputer itu disebut dengan email server.
Ketika email
tersebut sampai ke server yang menjadi tujuan (seperti yang ditunjuk pada
alamat email – kepada siapa kita menulis email) email tersebut disimpan pada
sebuah emailbox. Si pemilik alamat email baru bisa mendapatkan email itu kalau
yang bersangkutan mengecek emailbox-nya. Jadi, tidak benar kalau dibayangkan
bahwa untuk bisa menerima email kita harus terhubung terus menerus dengan
internet. Untuk bisa menerima email kita mesti memiliki sebuah account pada
suatu email server, yang tentu berada pada sebuah ISP (Internet Service
Provider). Ini sama dengan bila kita memiliki alamat rumah kita. Hanya bedanya,
bila pada snail mail kita hanya bisa menerima surat manakala kita berada di
alamat kita, sedangkan pada email, kita bisa menerimanya di mana saja kita
berada. Misalnya saya bisa mengecek email-email yang datang ke alamat email
saya yahoo.com - yang normal-nya
Cara Membuat E-Mail
Langsung saja kita ke pokok
pembahasan, untuk cara membuat Email di gmail, silahkan ikuti langkah-langkah
simple berikut...
Klik Create An Account di bawah untuk login
2.
Anda akan masuk ke halaman pengisian data, silahkan isi formulir
pendaftaran sesuai data pribadi anda.
a.
Nama : Isi dengan nama depan dan nama belakang anda.
b.
Pilih nama pengguna anda : Isikan alamat email yang anda inginkan (nama
email harus belum digunakan orang lain).
c.
Buat sandi : Isi dengan password yang anda ingikan.
d.
Konfirmasi sandi anda : Masukkan ulang password anda.
e.
Tanggal lahir : Silahkan isi dengan tanggal lahir anda.
f.
Gender : Pilih jenis kelamin anda.
g.
Ponsel : Isikan dengan nomor telepon anda.
h.
Alamat email anda saat ini : Masukkan alamat email lain (masukkan jika
ada). Bisa anda kosongi.
i.
Lokasi : Isi dengan lokasi negara tempat anda tinggal.
j.
Centang dua persyaratan dari google tersebut.
k.
Klik tombol langkah berikutnya
3.
Setelah anda mengisi formulir pendaftaran, anda akan dibawa ke halaman
verifikasi akun, klik Lanjutkan.
4.
Anda akan diberi kode verifikasi yang dikirim oleh google secara otomatis
ke nomor telepon yang anda isikan tadi. Kemudian masukkan angka verifikasi ke
dalam kotak yang tersedia.Jika sudah, silahkan klik Verifikasi.
5.
Anda akan dibawa ke halaman Profil, langkah selanjutnya adalah menambahkan
foto profil. Jika anda sudah punya silahkan ditambahkan dengan mengklik "Menambahkan Foto Profil". Jika sudah,
klik saja Langkah berikutnya.
6.
Jika semua langkah diatas sudah
anda lakukan dengan benar, akan ada ucapan sambutan dari Google. Klik Lanjutkan
ke Gmail.
7.
Anda akan langsung dibawa ke halaman muka Gmail. Google akan langsung
memberikan 4 pesan ke inbox email anda.
8.
Sampai disini akun Gmail anda
sudah jadi, silahkan anda manfaatkan fitur-fitur yang sudah disediakan
oleh produk google gmail.
Mengenal fasilitas Email
Beberapa
fasilitas e-mail antara lain sebagai berikut :
1.
Inbox
Merupakan
tempat menyimpan surat atau e-mail sebagai mana layaknya sebuah folder
penyimpanan file di dalam komputer. Inbox dapat digunakan untuk memeriksa
surat, membaca serta mengelolanya.
2.
Check Mail
Merupakan
fasilitas link perintah untuk mencek surat – surat yang baru masuk atau membaca
surat – surat lama yang berada di Inbox.
3.
Compose
Merupakan
fasilitas link perintah untuk menampilkan lembar pembuatan surat baru yang akan
dikirim
4.
Folders
Merupakan
fasilitas pengarsipan bagi surat – surat, baik surat yang telah terkirim maupun
surat yang telah diterima.
5.
Address Book
Merupakan
fasilitas untuk membuat yang menyimpan daftar alamat e-mail penting (misalnya
e-mail relasi dan rekan).
6.
Reply
Merupakan
fasilitas link perintah untuk menampilkan lembar pembuatan surat balasan
berdasarkan sebuah e-mail yang telah dibaca. Melalui fasilitas ini, tidak perlu
lagi mengetik alamat e-mail tujuan dan judul surat, cukup mengetik pesan
balasan di atas pesan yang diterima.
7.
Forward
Merupakan
fasilitas untuk mengirim kembali sebuah e-mail yang diterima tanpa melakukan
perubahan pada isi e-mail.
8.
Trash
Merupakan
tempat pembuangan sementara di e-mail yang sudah di hapus dan tidak diperlukan
lagi.
9.
Attachment
Merupakan
fasilitas untuk menyertakan data lampiran pada pesan e-mail yang akan dikirim (
misalnya file dokumen atau foto)
10.
Option/Configuration
Merupakan
fasilitas untuk mengatur account e-mail seperti mengubah data personal, memberi
tanda identitas otomatis pada bagian akhir setiap surat, memblokiran alamat
e-mail tertentu, pengubahan password dan sebagainya.
Bulk Mail
11.
Merupakan
fasilitas tambahan yang disediakan situs-situs tertentu untuk menyaring dan
menyimpan scara otomatis penerimaan e-mail baru yang dianggap tidak penting
atau mengganggu seperti e-mail promosi atau sejenisnya.
12.
Signature
Merupakan fasilitas
pemberian tanda identitas pengirim surat otomatis yang akan selalu disertakan
pada bagian akhir setiap e-mail baru yang dikirim (dapat dibuat melalui
fasilitas option).
Fungsi Attachment File Dalam E-Mail
1.
Pengertian attachement.
Attachemen adalah fasilitas yang
disediakan pada suatu website atau email untuk dapat mengirimkan dokumen baik
berupa gambar, data, musik, dan dokumen lainnya yang selanjutnya akan diupload
ke internet.
Dengan adanya attachment
sangat memudahkan kita kalau misalnya mau bertukar informasi atau mengirim
dokumen penting, karena yang perlu kita lakukan hanyalah mengupload dokumen
tersebut ke server, maka orang lain sudah dapat mendownloadnya dari tempat
lain.
2.
Fungsi attachment.
Attachment adalah perintah
mengirim file melalui email. Kadang saat kita mengirimkan surat kita ingin
mengikutkan lampiran surat yang lain sehingga surat yang kita buat menjadi
lebih lengkap tetapi tidak terlalu panjang.
Dalam lampiran attachment
surat ini ada beberapa dokumen yang dapat kita lampirkan juga, misalnya:
document word ataupun power point. Singkatnya, fungsi Attachment File dalam sebuah email yaitu
untukmengirimkan suatu file (baik berupa video,gambar,animasi dll) melalui email kealamat email tujuannya, karena attachment file itu sendiri
adalah perintah-perintah untuk mengirimkan suatu file melalui email.
Sedangkan cara melakukan
Attachment File ialah :
a.
klik compose pada pilihan yang ada pada email anda.
b.
klik attachment file
c.
Klik Browse
d.
Pilih file yang diinginkan
e.
Klik Attach File
f.
Pilih Done
g.
Klik Send
Membaca Pesan Email
- Login ke http://gmail.com / atau http://yahoo.com
- Klik Sign in/ masuk
- Pada kotak ID tulis alamat email
- Pada kotak Sandi isi dengan password / kata sandi
- Klik Masuk
- Bila ingin membaca pesan inbox atau pesan masuk, klik “Judul Pesan”
- Bila tidak ingin membaca Pesan Masuk Centang/ klik kotak kosong sebelah kiri dibawah tulisan Delete (Jangan klik tulisan Delete).
- Lalu klik Action/ Tindakan
- Pilih “Mark as Read/ Tandai sudah dibaca”
- Maka Angka pada “Inbox/ Pesan Masuk” akan hilang
Membalas Email
- Klik pesan untuk membukanya.
- Klik tombol “Balas” yang berada di atas Kotak Masuk. Jika Anda ingin membalas ke setiap orang yang menerima email (jika Anda adalah anggota kelompok yang menerima email tersebut), klik panah bawah di samping kanan tombol Balas, lalu pilih “Balas Ke Semua.” Dengan cara ini, balasan Anda akan dikirim kepada semua penerima pesan asli dan juga ke pengirimnya.
- Jendela Tulis akan terbuka. Jika Anda ingin menambah lagi penerima lainnya, Anda dapat mengetikkan alamat email tambahan. Tergantung pada pengaturan “Tindakan Pesan” (lihat kotak di bawah), Anda akan melihat semua, sebagian, atau tanpa pesan asli si pengirim (pesan yang sedang Anda balas) di jendela Tulis.
- Ketik balasan Anda. Jika Anda memilih untuk menyertakan pesan asli si pengirim dalam balasan Anda, Anda dapat mengetik di bagian atasnya, di bawahnya, atau bahkan di dalam pesan si pengirim itu sendiri untuk merespons secara ringkas pada bagian-bagian yang berbeda dari email mereka. Lihat contoh di bawah ini. Klik kursor di mana saja untuk mulai mengetik. Klik “Kirim” untuk mengirim balasan Anda.
Fungsi e-mail
Fungsi email adalah sebagai berikut:
a.
Media
komunikasi
E-mail
atau surat elektronik adalah media komunikasi yang biasa dilakukan secara
persoal atau umum (komunitas).
b.
Media
pengiriman
Dengan
e-mail anda bisa melakukan pengiriman data ke seluruh dunia dan tentunya
pengirim dan yang dikirimi data sama-sama menggunakan alamat e-mail, bukan
alamat rumah. Tidak hanya itu, dengan menggunakan e-mail anda bisa mengirimkan
data ke banyak orang hanya dalam hitung menit bahkan detik.
c.
Efektif,
efisien, dan murah
Melakukan
pengiriman data melalui e-mail sangat efektif, efisien, dan murah. Maksudnya,
anda tidak perlu keluar rumah dan pergi ke kantor pos hanya untuk mengirim foto
atau lamaran pekerjaan. Cukup melalui koneksi internet dan alamat e-mail anda,
pengiriman akan cepat sampai ke alamat tujuan dan tidak perlu biaya mahal.
d.
Media
promosi
Jika
anda bisa memiliki usaha di internet atau bisnis online, anda bisa mengirimkan
promosi produk ke para pelanggan anda dengan memanfaatkan daftar e-mail
pelanggan yang ada.
e.
Media
informasi
Melalui
e-mail, anda bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru dari seluruh dunia
yang anda inginkan dengan cara menjadi pelanggan informasi dari media yang anda
tentukan.
f.
Membuat
blog atau website
Dengan
e-mail anda bisa membuat blog dan website.
g.
Sosial
media
Dengan
e-mail, anda bisa menjalin hubungan dengan teman atau orang lain. Baik
menggunakan e-mail itu sendiri atau melalui jejaring sosial seperti facebook,
twitter, atau google.
- Search Engine (Google)
Sejarah Search Engine
Saat
awal perkembangan internet, Tim Berners-Lee membuat sebuah situs web yang
berisikan daftar situs web yang ada di internet melalui peladen web CERN.
Sejarah yang mencatat sejak tahun 1992 masih ada hingga kini. Dengan semakin
banyaknya situs web yang aktif membuat daftar ini tidak lagi memungkinkan untuk
dikelola oleh manusia. Utilitas pencari yang pertama kali digunakan untuk
melakukan pencarian di internet adalah Archie yang berasal dari kata
"archive" tanpa menggunakan huruf "v". Archie dibuat tahun
1990 oleh Alan Emtage, Bill Heelan dan J. Peter Deutsch, saat itu adalah
mahasiswa ilmu komputer Universitas McGill, Amerika Serikat. Cara kerja program
tersebut adalah mengunduh daftar direktori serta berkas yang terdapat pada
layanan ftp publik (anonim) kemudian memuatnya ke dalam basisdata yang
memungkinkan pencarian.
Mesin
pencari lainnya seperti Aliweb, muncul di 1993 dan masih berjalan hingga saat
ini. Salah satu mesin pencari pertama yang sekarang berkembang menjadi usaha
komersial yang cukup besar adalah Lycos, yang dimulai di Carnegie Mellon
University sebagai proyek riset di tahun 1994.
Segera
setelah itu, banyak mesin pencari yang bermunculan dan bersaing memperebutkan
popularitas. Termasuk di antaranya adalah WebCrawler, Hotbot, Excite, Infoseek,
Inktomi, dan AltaVista. Masing-masing bersaing dengan menambahkan
layakan-layanan tambahan seperti yang dilakukan oleh Yahoo.
Tahun
2002 Yahoo! mengakuisisi Inktomi, setahun kemudian mengakuisisi AlltheWeb dan
Altavista kemudian meluncurkan mesin pencari sendiri yang didasarkan pada
teknologi gabungan dari mesin-mesin pencari yang telah diakuisisinya serta
memberikan layanan yang mengutamakan pencarian Web daripada layanan-layanan
lainnya.
Di
bulan desember 2003, Orase menerbitkan versi pertama dari teknologi pencari
waktu-riilnya. Mesin ini memiliki banyak fungsi baru dan tingkat unjuk kerja
yang jauh lebih baik.
Mesin
pencari juga dikenal sebagai target investasi internet yang terjadi pada akhir
tahun 1990-an. Beberapa perusahaan mesin pencari yang masuk ke dalam pasar
saham diketahui mencatat keuntungan besar. Sebagian lagi sama sekali
menonaktifkan layanan mesin pencari, dan hanya memasarkannya pada edisi-edisi
enterprise saja, contoh Northern Light sebelumnya diketahui merupakan salah
satu perintis layanan mesin pencari di internet.
Buku
Osmar R. Zaïane From Resource Discovery to Knowledge Discovery on the Internet
menjelaskan secara rinci sejarah teknologi mesin pencari sebelum munculnya
Google. Mesin-mesin pencari lainnya mencakup a9.com, AlltheWeb, Ask Jeeves,
Clusty, Gigablast, Teoma, Wisenut, GoHook, Kartoo, dan Vivisimo.
Sejarah Google
'Google'
adalah sebuah istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol.
Hal tersebut mungkin menyimbolkan besarnya ambisi Google dan meningkatnya
dampak yang ditimbulkan oleh pasar yang dinamis dan pemasaran. Pada tahun 1995,
Larry Page dan Sergey Brin menciptakan sesuatu di kamar tidur mereka di
Universitas Stanford. Sesuatu yang dalam kurun waktu lima tahun sudah dapat
berurusan dengan 100 macam pencarian di internet setiap hari, dan mereka
menjadi miliarder dalam waktu kurang dari satu dekade.
Google
memiliki visi yang sederhana, untuk menjadi 'mesin pencari yang sempurna' atau,
seperti yang dikatakan oleh Page, "Sesuatu yang mengerti apa yang Anda
inginkan, dan memberikan informasi sesuai dengan yang Anda harapkan."
Kini, dengan memiliki lebih dari 80 juta pemakai, yang melakukan pencarian di
antara lebih dari delapan triliun situs, Google menjadi lebih mapan, dan
menjadi leader di dunia search engine.
Tentu
saja, hampir semua 'pemasaran' saat ini mulai dengan "sebuah Google":
buku-buku teks tidak mengikutsertakannya dalam teori mereka tentang alur
komunikasi, dan beberapa agensi iklan berani mengakuinya, tetapi hal tersebut
benar-benar mewakili kendali atas konsumen, transaksi yang dipicu oleh
pelanggan itu sendiri, dan kekuatan yang kini beralih ke pihak pelanggan di
dunia yang kompleks saat ini.
Kesadaran
akan sebuah merek dicapai dengan cara melalui mulut ke mulut dan dampak
menyebar seperti virus melalui click-click yang dilakukan antara situs yang
satu ke situs yang lain, revenue pun dapat diperoleh dengan cara menggunakan
para pengiklan untuk menarget pengguna-pengguna online melalui cara-cara yang
efisien dan canggih. Google berargumentasi bahwa hal ini membuat periklanan
menguntungkan bagi kedua belah pihak, baik pihak pelanggan maupun pihak
pengiklan yang memasang iklan tersebut. Mereka percaya para pelanggan harus
tahu dan melihat iklan tersebut apabila pengiklan sudah membayar mahal untuk
memasang iklan di depan mata para pelanggan. Jadi, mereka mencari cara untuk
membedakan iklan agar terlihat menonjol di antara hasil-hasil pencarian yang
muncul dari halaman situs-situs lainnya. Tentu saja, Google tidak menjual
penempatan konten-konten pada hasil pencarian sendiri, ataupun mengizinkan
orang membayar lebih agar mendapatkan ranking lebih tinggi di sana.
Ribuan
pengiklan menggunakan Google AdWords untuk mempromosikan produk dan jasa mereka
lewat internet dengan target yang spesifik, dan merupakan program yang
terbesar. Sebagai tambahan, ribuan manajer website mengambil keuntungan dari
program Google AdSense untuk beriklan dengan konten yang relevan dengan situs
mereka. Hal tersebut juga mengembangkan kemampuan mereka untuk meningkatkan
pendapatan dan meningkatkan pengalaman pelanggan mereka. The basic ranking
system (sistem peringkat dasar) adalah sebuah model dari demokrasi
pelanggan--peringkat pencarian menentukan seberapa populer situs-situs yang
ada, yang dibantu juga dengan situs-situs lain yang saling terhubung satu sama
lain dan mendukung sistem jaringan yang lebih terbuka.
Google
tetap kuat bertahan di dunia yang kompleks dengan berpegang pada filosofinya
yang dibangun menurut "sepuluh prinsip". Sementara kepercayaan diri
mereka telah banyak mengalami tantangan--tidak hanya di pasar yang banyak
mengalami gangguan, tetapi juga seperti contoh pada waktu 2004 Nasdaq
flotation, ketika Google memaksa para investor supaya tidak memperlakukan
mereka seperti perusahaan normal pada umumnya--keyakinan mereka merupakan
pedoman kokoh yang memungkinkan mereka tetap fleksibel sembari tetap menuju ke
arah yang benar.
Kelebihan dan kekurangan Google
Kelebihan
Google
- Tampilan google sangat sederhana, tanpa iklan dan news sehingga tidak membingungkan. Sekali masuk 100% pasti akan melakukan aktifitas pencarian.Google memudahkan pencarian menggunakan kata kunci yang relevan. Hanya beberapa detik saat kita mengetikkan kata kunci, google menawarkan beberapa kata kunci populer dan relevan yang mungkin Anda inginkan (Swadik, 2011: 23).
- Google mendukung web service. Layanan ini diperuntukkan bagi software developer. Dengan mengetahui tentang web service suatu mesin pencari, Anda tidak perlu membuat mesin pencari sendiri untuk membuat aplikasi yang support pencarian di web misal browser firefox, Yahoo Messenger atau flock. Aplikasi-aplikasi tersebut support pencarian.Google melakukan pengindexan suatu halaman website secara berkala. Sehingga saat kita update web, google dipastikan akan datang berkunjung untuk melakukan indexing.Sekarang google support terhadap pencarian berdasarkan lokasi pengunjung (localized search). Contohnya jika anda ketikkan google.com di indonesia, maka akan muncul ke google.co.id. Sangat mudah dan cepat diakses.
- Selain google mendukung web service, mesin pencari google mempunyai peran penting sebagai alat komunikasi. Di negara kita sendiri, Indonesia, pengguna layanan Gmail masih tergolong minoritas jika dibandingkan dengan Yahoo! yang memang seperti menjadi rajanya email di Indonesia (Jubilee, 2009: 83-85).
- Sebagai sebuah layanan email yang handal, Gmail membebaskan pembuatan alamat email sehingga tidak kaku, tidak terlalu harus sesuai pengetikan karakter. Gmail tidak mengindahkan karakter titik dan huruf kapital di alamat email. Selain hal tersebut Gmail memberikan suatu kelebihan pada pemberian nama alamat email yaitu pengguna dapat melakukan penambahan karakter plus pada alamat email yang di inginkan.
- Google sebagai media publikasi. Dengan adanya google seorang penulis dimudahkan dalam hal mempublikasikan suatu karya tulis ataupun website kita agar banyak user yang dapat melihat serta menjadikan sebagai bahan referensi.
Kekuranga
Beberapa kendala yang sering dialami oleh user pada saat searching.
Beberapa kendala yang sering dialami oleh user pada saat searching.
- Perkembangan website yang sangat cepat tidak mendapat bandingan dari kecepatan index google, sehingga kadang artikel yang kita buat sekarang baru terindex beberapa menit bahkan sampai berhari-hari.
- Kadangkala hasil pencarian tidak relevan, meskipun google telah berusaha menampilkan hasil yang relevan. Kadang hasil pencarian hanya membuat kita berputar dari web ke web yang lain.
- Aktifitas link spamming yang tidak terbendung untuk mengangkat posisi website jika tidak bisa dibedakan search engine dengan link natural akan menyebabkan akurasi pencarian melemah.
- Tidak bisa mengindeks halaman tertentu. Beberapa website yang memakai konten dinamis tidak bisa diindex. Biasanya website seperti ini dihalangi oleh form yang mengharuskan inputan. Form inilah yang menyebabkan website dimanis sulit terindex dengan baik.
Proses Pencarian Data pada Mesin Pencari Google
Dibalik
teknologi pencarian adalah perangkat lunak. Perangkat lunak dengan serangkaian
bahasa program untuk menghitung secara simultan dengan membutuhkan sepersekian
detik. Mesin pencari tradisional lebih mengandalkan seberapa sering kata muncul
pada halaman web. Google menggunakan lebih dari 200 sinyal, termasuk algoritma
pageran yang merupakan hak paten Google. Sinyal ini berfungsi untuk memeriksa
seluruh struktur link dari situs dan menentukan halaman yang paling penting.
Google
mampu menganalisis kesesuaian hipertext untuk menentukan halaman yang relevan
dengan pencarian khusus yang dilakukan. Menggabungkan sinyal secara keseluruhan
dan relevansi query spesifik, dan menempatkan hasil pertama yang paling relevan
dan dapat diandalkan atas query pengguna (Richard, 2005: 27).
Berikut
ini secara garis besar langkah-langkah Cara Kerja Mesin Pencari Google secara
urut menurut nomor:
- Apabila user menulis blog, memperbarui situs, atau menambahkan konten ke situs
- Google bot merangkak pada situs untuk menemukan posting Anda
- Setelah merangkak halaman akan diindeks dalam hitungan detik
- Google memperkirakan domain dan otoritas keseluruhan halaman berdasarkan link
- Halaman diperiksa terhadap kebijakan editorial
- Hukuman diterapkan dan setiap halaman, sekarang Google memiliki banyak daftar data terlampir untuk membantu kepentingan pengguna
- Query Pengguna Google
- Google menyarankan kata kunci didasarkan pada apa yang telah diketik beberapa karakter.
- Google menggunakan sinonim untuk mencari kata-kata serupa untuk menyertakan dalam permintaan pencarian.
- Hasil set awal dibuat
- Hasil set diurutkan berdasarkan kewenangan dan pagerank, dan halaman duplikat dihapus
- Penyaring diterapkan
Dampak Positif dan Negatif Mesin Pencari Google
Dengan
adanya mesin pencari:
· pengguna
internet dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka cari hanya dengan mengetikan
kata kuncinya
· dapat
menaikkan traffic dari sebuah web dan dalam sebuah kasus Google juga membantu
seorang pria yang bernama Dr. Scott Becker
· Seorang
pria yang bermukim di Atlanta, Amerika Serikat, reuni dengan puterinya yang
telah terpisah 30 tahun berkat pertolongan dunia maya.
· Dengan
adanya layanan google seperti Google erath dapat membantu ahli geologi, maupun
orang-orang lainnya untuk dapat melihat lokasi yang dicari menambah pengetahuan
mempercepat pencarian informasi yang jelas beserta gambarnya.
Namun,
tanpa kita tahu ternyata google sebagai search engine juga memiliki dampak
negatif. Tanpa kita sadari kita hanya focus kepada kesempurnaan dan kecanggihan
google. Padahal di balik itu ada kenyataan bahwa google memiliki dampak yang
kurang baik, yaitu:
- Kecanggihannya yang memudahkan kita untuk mencari sesuatu membuat kita merasa dimanjakan. Kita tidak perlu lagi bersusah payah mencari buku untuk membaca materi yang kita inginkan. Secara praktis kita hanya tinggal membuka google dan mengetikkan kata yang kita inginkan.
- Dapat menyusup ke arsip – arsip rahasia di dunia maya, konten pornografi yang tidak di filter, sehingga dapat diakses semua kalangan, pempublikasian data–data rahasia yang terkadang tersaring dan masuk dalam fitur pencarian di google.
- Sekarang banyak anak yang mengandalkan Google untuk menyelesaikan masalah. Sebagai contoh apabila ada tugas dari sekolah banyak anak yang mencari jawabannya di Google. Dengan demikian Kreatifitas anak lama-lama bisa mati karena setiap ada tugas maupun masalah, anak selalu mengandalkan Google.
- Download dan Upload File
Download
Download
adalah istilah yang menjabarkan proses transfer suatu file dari jaringan
internet ke komputer melalui internet. Dalam bahasa Indonesia, download disebut
juga mengunduh.Selain download, terdapat pula istilah upload, yang juga
merupakan proses transfer suatu file melalui internet. Bedanya, proses ini
berlangsung dari komputer kita ke internet. Mudahnya, upload berarti kita
mengirimkan atau menaruh suatu file ke internet. Istilah dalam bahasa Indonesianya
adalah mengunggah.
Untuk
melakukan proses download dan upload file, kamu membutuhkan koneksi internet.
Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses download atau upload file
ditentukan oleh koneksi internet yang kamu miliki. Semakin bagus dan cepat
koneksi internet yang kamu miliki, maka proses download dan upload file akan
semakin cepat. Koneksi internet yang bagus saat ini di Indonesia baru dapat
diperoleh di kota-kota besar karena infrastruktur yang masih terbatas. Karena
itu, meskipun proses download dan upload file sangat mudah untuk dilakukan,
seringkali koneksi internet yang lambat menjadi penghalang untuk menjalankan
proses ini.
Terdapat
faktor lain yang mempengaruhi kecepatan proses download dan upload ini selain
koneksi internet kamu masing-masing, yaitu server website tempat kamu
mendownload atau upload file tersebut. Bagi kamu yang sudah cukup sering
mendownload file, pasti sudah pernah mendengar istilah server lokal dan server
luar. Download dan upload file dari server lokal akan lebih cepat daripada
server luar, begitu juga sebaliknya.
Dalam
melakukan download file tergantung pada 4 (empat) hal, yaitu: kecepatan modem,
kesibukan server, letak server dan tingkat kemacetan jaringan Internet.
- Kecepatan Modem Semakin cepat modem, semakin cepat file dapat Anda downlaod. Line telepon yang saling menyilang di planet kita ini adalah faktor keterbatasan yang utama. Hampir semua line telepon tersebut dapat mendukung 28.8 Kbps kecepatan modem. Tingkat transfer yang lebih dari itu tergantung pada kualitas kabel telepon lokal. Akan sia-sialah menginvestasi 56.6 Kbps modem, jika kabel telepon di daerah itu tidak mendukung. Jadi sebelum membeli modem dengan kecepatan 56.6 Kbps, periksalah teman-teman satu daerahmu, apakah ada yang menggunakan modem lebih dari 28.8 Kbps. Jika tidak ada satu orang pun yang dapat melakukan hubungan dengan kecepatan di atas 28.8 Kbps (asumsikan bahwa modem mereka dapat mengkoneksi lebih cepat), maka tidak ada gunanya membeli modem dengan kecepatan 56.6 Kbps.
- Kesibukan Server Server dapat memutuskan pengaksesan dari semua modem. Saat itu terjadi, pesan kesalahan yang sering muncul di browser adalah: ‘anonymous access denied’ atau ‘server returned extended information’. Kedua pesan itu berarti server terlalu sibuk dan tidak dapat memproses permintaan Anda. Tidak ada kesalahan dalam komputer Anda, tidak perlu panik, coba lagi saja.
- Letak Server Letak geografis memainkan peranan yang besar dalam kecepatan download. Semakin panjang line telepon, maka perjalanan file download juga semakin lama.
- Tingkat Kemacetan Jaringan Internet Anda dapat memiliki modem yang cepat dan tidak ada kemacetan, tetapi tetap saja bisa mengalami waktu down load yang lama. Penyebabnya karena dengan jumlah bandwidth yang sama, dalam waktu-waktu tertentu diakses oleh lebih banyak modem dibandingkan dengan waktu lainnya.
Cara Download File dari 4shared
4shared
adalah salah satu situs penyimpanan file gratis yang populer di kalangan
pengguna internet. Disini, kamu bisa menyimpan dan mendownload file apapun yang
tersedia. Cara untuk download dari 4shared cukup mudah, silakan ikuti
langkah-langkah berikut :
- Buka situs 4shared dan cari file yang kamu inginkan lewat fasilitas search yang disediakan.
- Ketika link sudah muncul, klik dan kemudian kamu akan diarahkan ke halaman lain sebelum mulai men-download.
- Klik pada tombol Unduh Sekarang yang biasanya dilengkapi tanda panah ke bawah. Klik tombol tersebut dan kamu akan diarahkan lagi ke halaman lain.
- Pada halaman berikut, klik 'Unduh Gratis' untuk mendownload file secara gratis. Kamu akan diminta untuk menunggu selama beberapa saat dan download akan dimulai secara otomatis.
Cara Download File dari Indowebster
Indowebster
merupakan situs lokal yang populer di kalangan pengguna internet di Indonesia.
IDWS menyediakan fasilitas download dan upload bagi penggunanya. Cara download
file dari Indowebster :
- Buka situs Indowebster dan lakukan pencarian file yang diinginkan.
- Bila sudah ditemukan, klik link file tersebut. Kamu akan dialihkan ke halaman lain.
- Cari tombol download. Biasanya berwarna biru dan berada di bawah keterangan file tersebut. Klik tombol tersebut dan kamu akan dialihkan ke halaman lain.
- Sama seperti 4shared, kamu akan diminta menunggu beberapa saat sebelum dapat mendownload file. Tombol download secara otomatis akan tersedia apabila file sudah siap di download.
Upload
Upload
adalah juga proses transmisi sebuah file dari sebuah sistem komputer ke sistem
komputer yang lainnya dengan arah yang berkebalikan dengan download. Dari
internet, user yang melakukan proses upload adalah proses dimana user
mengirimkan file ke komputer lain yang memintanya. User yang men-share
gambar,foto dengan yang user yang lainnya di bulletin board sytem (BBS),
mengupload file ke BBS. File Transfer Protocol (FTP) adalah contoh Internet
protokol untuk downloading and uploading files.
Arti
istilah Upload dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut :
·
Mengirim
file dari komputer Anda ke komputer lain. Kegiatan pengiriman data (berupa
file) dari komputer lokal ke komputer lainnya yang terhubung dalam sebuah
network
·
Secara
umum upload dapat diartikan proses transmisi data dari komputer client/pemakai
ke internet.
Berikut
adalah salah satu cara memasang (embed) dokumen berbentuk Word, Excel, PPT dan
PDF pada blog atau website kita melalui google docs. Google docs merupakan
media penyimpanan berbagai dokumen kita yang dapat dilihat secara langsung
secara online tanpa mendownloadnya terlebih dahulu. Bagi anda yang baru pertama
kali masuk ke google docs, maka anda harus setuju dengan peraturan yang di buat
oleh google. Berikut adalah cara embed/ pasang dokumen google drive pada blog
atau website.
Langkah 1
: upload file ke google docs.
- Silahkan login ke https://drive.google.com/ dengan account gmail anda.
- Klik tab BARU
- Klik tombol UPLOAD
- Masukan file yang ingin anda upload (word, excel, power point).
- Klik tombol Upload File yang ada di sebelah bawahnya.
- Tunggu beberapa saat sampai file anda terupload semuanya (tergantung dari besarnya file serta kecepatan koneksi anda).
- Jika sudah terupload, anda bisa mengeditnya jika mau yaitu dengan mengeklik dokumen yang telah terupload.
- Kemudian pilih bagikan
- Maka muncul menu sharing settings.
- Copy link to share ke notepad atau text editor lainnya.
- Kemudian klik Selesai
- Yang kita butuhkan bukanlah semua kode yang sudah kita copy sebelumnya (perhatikan kode yang berwarna kuning-itu kode yang kita butuhkan)
maka yang kita copy cukup kode:
1KzgroUVft146VRZAZweRSTrI8_JNE9BTvjV4F6cpY4w
13. Terakhir, paste kode di bawah ini pada
postingan blog dengan mengganti “(paste disini)” termasuk tanda kurung "()"]dengan
kode yang sudah kita dapat sebelumnya, (untuk ukuran bisa disesuaikan sendiri.
Contoh: <iframe
src="https://docs.google.com/viewer?srcid=(paste
disini)&pid=explorer&chrome=false&embedded=true"
width="500" height="500"></iframe>
14. Selesai.
Langkah 2
: posting kode google docs ke blogger.
- Silahkan login ke blogger dengan ID anda.
- Klik Posting Baru.
- Silahkan anda buat postingan yang anda inginkan.
- Ketika anda mau menyisipkan kode yang dari google docs, klik terlebih dahulu tab Edit HTML ( jangan yang compose)
- Paste kode google docs yang ada di notepad tadi pada tempat yang anda inginkan.
- Klik Tombol MEMPUBLIKASIKAN POSTING.
- Silahkan lihat hasilnya.
Pengertian E-Learning
E-learning
adalah sebuah proses pembelajaran yang berbasis elektronik. Salah satu media yang
digunakan adalah jaringan komputer. Dengan dikembangkannya di jaringan komputer
memungkinkan untuk dikembangkan dalam bentuk berbasis web, sehingga kemudian
dikembangkan ke jaringan komputer yang lebih luas yaitu internet. Penyajian
e-learning berbasis web ini bisa menjadi lebih interaktif. Sistem e-learning
ini tidak memiliki batasan akses, inilah yang memungkinkan perkuliahan bisa
dilakukan lebih banyak waktu (Nugroho, 2007).
Banyak
orang menggunakan istilah yang berbeda-beda dengan e-learning, namun pada
prinsipnya e-learning adalah pembelajaran yang menggunakan jasa elektronika
sebagai alat bantunya. E-learning memang merupakan suatu teknologi pembelajaran
yang yang relatif baru di Indonesia (Tafiardi, 2005).
Sedangkan
Istilah e-learning dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk teknologi
informasi yang diterapkan di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya.
Istilah
e-learning digunakan sebagai istilah untuk segala teknologi yang digunakan
untuk mendukung usaha-usaha pengajaran lewat teknologi elektronik internet.
Oleh karena itu, istilah e-learning lebih tepat ditujukan sebagai usaha untuk
membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar yang ada di
sekolah/universitas ke dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi
internet (Purbo & Hartanto, 2002).
Karakteristik E-Learning
E-learning
ini sendiri mempunyai beberapa karakteristik seperti yang telah dikemukakan
oleh Suyanto (2005) mengemukakan 4 karakteristik e-learning yang terdiri dari:
1.
Memanfaatkan
jasa teknologi elektronik, dimana pengajar dan peserta didik,peserta didik dan
peserta didik, ataupun pengajar dan sesama pengajar dapat berkomunikasi dengan
relatif mudah tanpa dibatasi oleh hal-hal yang protokoler.
2.
Memanfaatkan
keunggulan komputer (media digital dan jaringan komputer).
3.
Menggunakan
bahan ajar yang bersifat mandiri yang dapat disimpan di komputer sehingga dapat
diakses oleh guru dan siswa kapan saja dan dimana saja bila yang bersangkutan
membutuhkannya.
4.
Memanfaatkan
jadwal pembelajaran, kurikulum, hasil kemajuan belajar dan hal-hal yang
berkaitan dengan administrasi pendidikan yang dapat dilihat setiap saat di
komputer.
Dengan
demikian, e-learning itu dapat diartikan sebagai suatu sistem dalam
pembelajaran yang mengacu pada penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan
pengetahuan dan keterampilan dengan karakteristik-karakteristik seperti
memanfaatkan jasa teknologi, memanfatkan keunggulan komputer, menggunakan bahan
ajar yang bersifat mandiri, dan memanfaatkan jadwal belajar yang dapat dilihat
pada komputer, serta memberikan fasilitas yang dapat diakses oleh pengajar dan
peserta didik/mahasiswa secara pribadi.
Komponen e-learning
Komponen
yang membentuk e-learning (Romisatriawahono, 2008) adalah:
- Infrastruktur e-learning
Infrastruktur e-learning merupakan
peralatan yang digunakan dalam e-learning yang dapat berupa Personal Computer
(PC), yakni komputer yang dimiliki secara pribadi (Febrian, 2004), jaringan
komputer (yakni, kumpulan dari sejumlah perangkat berupa komputer, hub, switch,
router, atau perangkat jaringan lainnya yang terhubung dengan menggunakan media
komunikasi tertentu (Wagito, 2005), internet (merupakan singkatan dari
Interconnection Networking yang diartikan sebagai komputer-komputer yang
terhubung di seluruh dunia (Febrian, 2004) dan perlengkapan multimedia
(alat-alat media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri
dari teks, grafis, gambar, foto, audio, video dan animasi secara terintegrasi
(Febrian, 2004)). Termasuk di dalamnya peralatan teleconference (pertemuan
jarak jauh antara beberapa orang yang fisiknya berada pada lokasi yang berbeda
secara geografis (Febrian, 2004)) apabila kita memberikan layanan synchronous
learning yakni proses pembelajaran terjadi pada saat yang sama ketika pengajar
sedang mengajar dan murid sedang belajar melalui teleconference.
b. Sistem dan aplikasi e-learning
Sistem dan aplikasi e-learning yang
sering disebut dengan Learning Management System (LMS), yang merupakan sistem
perangkat lunak yang mem-virtualisasi proses belajar mengajar konvensional
untuk administrasi, dokumentasi, laporan suatu program pelatihan, ruangan kelas
dan peristiwa online, program e-learning, dan konten pelatihan (Ellis, 2009),
misalnya, segala fitur yang berhubungan dengan manajemen proses belajar
mengajar seperti bagaimana manajemen kelas, pembuatan materi atau konten, forum
diskusi, sistem penilaian (rapor), serta sistem ujian online yang semuanya
terakses dengan internet.
- Konten e-learning
Konten e-learning merupakan konten dan
bahan ajar yang ada pada e-learning sistem (Learning Management System). Konten
dan bahan ajar ini bisa dalam bentuk misalnya Multimedia-based Content (konten
berbentuk multimedia interaktif seperti multimedia pembelajaran yang
memungkinkan kita menggunakan mouse, keyboard untuk mengoperasikannya) atau
Text-based Content (konten berbentuk teks seperti pada buku pelajaran yang ada
di wikipedia.org, ilmukomputer.com, dsb.). Biasa disimpan dalam Learning
Management System (LMS) sehingga dapat dijalankan oleh peserta didik kapan pun
dan dimana pun.
Sedangkan ’aktor’ yang ada dalam
pelaksanakan e-learning boleh dikatakan sama dengan proses belajar mengajar
konvensional, yaitu perlu adanya pengajar (dosen) yang membimbing siswa
(mahasiswa) yang menerima bahan ajar dan administrator yang mengelola
administrasi dan proses belajar mengajar.
Manfaat E-Learning
Manfaat
e-learning (Smaratungga, 2009) terdiri atas 4 hal, yaitu:
- Meningkatkan kadar interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan guru atau instruktur (enhance interactivity).
Apabila dirancang secara cermat,
pembelajaran elektronik dapat meningkatkan kadar interaksi pembelajaran, baik
antara peserta didik dengan guru/instruktur, antara sesama peserta didik,
maupun antara peserta didik dengan bahan belajar (enhance interactivity).
Berbeda halnya dengan pembelajaran yang bersifat konvensional. Tidak semua
peserta didik dalam kegiatan pembelajaran konvensional dapat, berani atau
mempunyai kesempatan untuk mengajukan pertanyaan ataupun menyampaikan
pendapatnya di dalam diskusi. Mengapa?
Karena pada pembelajaran yang bersifat konvensional,
kesempatan yang ada atau yang disediakan dosen/guru/instruktur untuk berdiskusi
atau bertanya jawab sangat terbatas. Biasanya kesempatan yang terbatas ini juga
cenderung didominasi oleh beberapa peserta didik yang cepat tanggap dan berani.
Keadaan yang demikian ini tidak akan terjadi pada pembelajaran elektronik.
Peserta didik yang malu maupun yang ragu-ragu atau kurang berani mempunyai
peluang yang luas untuk mengajukan pertanyaan maupun menyampaikan
pernyataan/pendapat tanpa merasa diawasi atau mendapat tekanan dari teman
sekelas.
- Memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran dari mana dan kapan saja (time and place flexibility).
Mengingat sumber belajar yang sudah
dikemas secara elektronik dan tersedia untuk diakses oleh peserta didik melalui
internet, maka peserta didik dapat melakukan interaksi dengan sumber belajar
ini kapan saja dan dari mana saja. Demikian juga dengan tugas-tugas kegiatan
pembelajaran, dapat diserahkan kepada instruktur begitu selesai dikerjakan.
Tidak perlu menunggu sampai ada janji untuk bertemu dengan guru/instruktur.
Peserta didik tidak terikat ketat
dengan waktu dan tempat penyelenggaraan kegiatan pembelajaran sebagaimana
halnya pada pendidikan konvensional. Dalam kaitan ini, Universitas Terbuka
Inggris telah memanfaatkan internet sebagai metode/media penyajian materi.
Sedangkan di Universitas Terbuka Indonesia (UT), penggunaan internet untuk
kegiatan pembelajaran telah dikembangkan. Pada tahap awal, penggunaan internet
di UT masih terbatas untuk kegiatan tutorial saja atau yang disebut sebagai
“tutorial elektronik”.
3. Menjangkau peserta didik dalam cakupan
yang luas (potential to reach a global audience).
Dengan fleksibilitas waktu dan tempat, maka jumlah peserta
didik yang dapat dijangkau melalui kegiatan pembelajaran elektronik semakin
lebih banyak atau meluas. Ruang dan tempat serta waktu tidak lagi menjadi
hambatan. Siapa saja, di mana saja, dan kapan saja, seseorang dapat belajar.
Interaksi dengan sumber belajar dilakukan melalui internet. Kesempatan belajar
benar-benar terbuka lebar bagi siapa saja yang membutuhkan.
- Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran (easy updating of content as well as archivable capabilities).
Fasilitas yang tersedia dalam teknologi
internet dan berbagai perangkat lunak yang terus berkembang turut membantu
mempermudah pengembangan bahan belajar elektronik. Demikian juga dengan
penyempurnaan atau pemutakhiran bahan belajar sesuai dengan tuntutan perkembangan
materi keilmuannya dapat dilakukan secara periodik dan mudah. Di samping itu,
penyempurnaan metode penyajian materi pembelajaran dapat pula dilakukan, baik
yang didasarkan atas umpan balik dari peserta didik maupun atas hasil penilaian
instruktur selaku penanggung-jawab atau pembina materi pembelajaran itu
sendiri.
Pengetahuan dan keterampilan untuk
pengembangan bahan belajar elektronik ini perlu dikuasai terlebih dahulu oleh
instruktur yang akan mengembangkan bahan belajar elektronik. Demikian juga
dengan pengelolaan kegiatan pembelajarannya sendiri. Harus ada komitmen dari
instruktur yang akan memantau perkembangan kegiatan belajar peserta didiknya
dan sekaligus secara teratur memotivasi peserta didiknya.
- E-learning mempermudah interaksi antara peserta didik dengan bahan/materi pelajaran. Demikian juga interaksi antara peserta didik dengan dosen/guru/instruktur maupun antara sesama peserta didik. Peserta didik dapat saling berbagi informasi atau pendapat mengenai berbagai hal yang menyangkut pelajaran ataupun kebutuhan pengembangan diri peserta didik. Guru atau instruktur dapat menempatkan bahan-bahan belajar dan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik di tempat tertentu di dalam web untuk diakses oleh para peserta didik. Sesuai dengan kebutuhan, guru/instruktur dapat pula memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengakses bahan belajar tertentu maupun soal-soal ujian yang hanya dapat diakses oleh peserta didik sekali saja dan dalam rentangan waktu tertentu pula.
Secara
lebih rinci, Smaratungga (2009) mengungkapkan manfaat e-learning yang dapat dilihat
dari dua sudut yaitu:
- Dari sudut peserta didik
Dengan
kegiatan e-learning dimungkinkan berkembangnya fleksibilitas belajar yang
tinggi. Artinya, peserta didik dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat
dan berulang-ulang. Peserta didik juga dapat berkomunikasi dengan instruktur
setiap saat. Dengan kondisi yang demikian ini, peserta didik dapat lebih
memantapkan penguasaannya terhadap materi pembelajaran.
Manakala
fasilitas infrastruktur tidak hanya tersedia di daerah perkotaan tetapi telah
menjangkau daerah kecamatan dan pedesaan, maka kegiatan e-learning akan
memberikan manfaat kepada peserta didik, contohnya:
- Peserta didik yang belajar di sekolah-sekolah kecil di daerah-daerah miskin untuk mengikuti mata pelajaran tertentu yang tidak dapat diberikan oleh sekolahnya,
- Peserta didik yang mengikuti program pendidikan keluarga di rumah (home schoolers) untuk mempelajari materi pembelajaran yang tidak dapat diajarkan oleh para orangtuanya, seperti bahasa asing dan keterampilan di bidang komputer,
- Peserta didik yang merasa phobia dengan sekolah, atau peserta didik yang dirawat di rumah sakit maupun di rumah, yang putus sekolah tetapi berminat melanjutkan pendidikannya, yang dikeluarkan oleh sekolah, maupun peserta didik yang berada di berbagai daerah atau bahkan yang berada di luar negeri, dan
- Peserta didik yang tidak tertampung di sekolah konvensional untuk mendapatkan pendidikan.
- Dari sudut instruktur
Dengan
adanya kegiatan e-learning, beberapa manfaat yang diperoleh instruktur antara
lain adalah bahwa instruktur dapat:
- sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang terjadi,
- mengembangkan diri atau melakukan penelitian guna peningkatan wawasannya karena waktu luang yang dimiliki relatif lebih banyak,
- mengontrol kegiatan belajar peserta didik. Bahkan instruktur juga dapat mengetahui kapan peserta didiknya belajar, topik apa yang dipelajari, berapa lama sesuatu topik dipelajari, serta berapa kali topik tertentu dipelajari ulang,
- mengecek apakah peserta didik telah mengerjakan soal-soal latihan setelah mempelajari topik tertentu, dan
- memeriksa jawaban peserta didik dan memberitahukan hasilnya kepada peserta didik.
Kelebihan dan kekurangan E-learning
- Kelebihan e-learning
Menyadari
bahwa melalui internet dapat ditemukan berbagai informasi yang dapat diakses
secara mudah, kapan saja dan dimana saja, maka pemanfaatan internet menjadi
suatu kebutuhan. Bukan itu saja, pengguna internet bisa berkomunikasi dengan
pihak lain dengan cara yang sangat mudah melalui teknik e-moderating yang
tersedia di internet (Triluqman, 2007).
Dari
berbagai pengalaman dan juga dari berbagai informasi yang tersedia di
literatur, memberikan petunjuk tentang manfaat penggunaan internet, khususnya
dalam pendidikan terbuka dan jarak jauh, kelebihan e-learning antara lain dapat
disebutkan sebagai berikut (Triluqman, 2007):
- Tersedianya fasilitas e-moderating dimana pendidik dan peserta didik dapat berkomunikasi dengan mudah melalui fasilitas internet secara regular atau kapan saja kegiatan berkomunikasi itu dilakukan dengan tanpa dibatasi oleh jarak, tempat, dan waktu.
- Pendidik dan peserta didik dapat menggunakan bahan ajar atau petunjuk belajar yang tersruktur dan terjadwal melalui internet, sehingga keduanya bisa saling menilai sampai berapa jauh bahan ajar dipelajari.
- Peserta didik dapat belajar atau me-review bahan ajar setiap saat dan dimana saja kalau diperlukan mengingat bahan ajar tersimpan di komputer.
- Bila peserta didik memerlukan tambahan informasi yang berkaitan dengan bahan yang dipelajarinya, ia dapat melakukan akses di internet.
- Baik pendidik maupun peserta didik dapat melaksanakan diskusi melalui internet yang dapat diikuti dengan jumlah peserta yang banyak, sehingga menambah ilmu pengetahuan dan wawasan yang lebih luas.
- Berubahnya peran peserta didik dari yang biasanya pasif menjadi aktif.
- Relatif lebih efisien. Misalnya bagi yang mereka tinggal jauh dari perguruan tinggi atau sekolah konvensional, bagi mereka yang sibuk bekerja, bagi mereka yang bertugas di kapal, di luar negeri, dan sebagainya.
- Kekurangan e-learning
Kekurangan
E-learning menurut L. Gavrilova (2006:354) adalah pembelajaran dengan model
E-learning membutuhkan peralatan tambahan yang lebih (seperti komputer,
monitor, keyboard, dsb). Kekurangan E-learning yang diuraikan oleh Nursalam
(2008:140) sebagai berikut :
- Kurangnya interaksi antara pengajar dan pelajar atau bahkan antar pelajar itu sendiri.
- Kecenderungan mengabaikan aspek akademik atau aspek sosial dan sebaliknya membuat tumbuhnya aspek bisnis/komersial.
- Proses belajar mengajar cenderung ke arah pelatihan daripada pendidikan.
- Berubahnya peran pengajar dari yang semula menguasai teknik pembelajaran konvensional, kini juga dituntut mengetahui teknik pembelajaran yang menggunakan ICT (information, communication, dan technology).
- Tidak semua tempat tersedia fasilitas internet ( mungkin hal ini berkaitan dengan masalah tersedianya listrik, telepon, ataupun komputer).
- Kurangnya sumber daya manusia yang menguasai internet.
- Kurangnya penguasaan bahasa komputer.
- Akses pada komputer yang memadai dapat menjadi masalah tersendiri bagi peserta didik.
- Peserta didik bisa frustasi jika mereka tidak bisa mengakses grafik, gambar, dan video karena peralatan yang tidak memadai.
- Tersedianya infrastruktur yang bisa dipenuhi.
- Informasi dapat bervariasi dalam kualitas dan akurasi sehingga penduan dan fitur pertanyaan diperlukan.
- Peserta didik dapat merasa terisolasi.
0 komentar:
Posting Komentar