Jumat, 17 Maret 2017

Dasar-dasar Internet dan E-learning

Edit Posted by with No comments



  •      E-Mail
Sejarah Email
Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan computer yang terbentuk sebagai jaringan. Konsep e-mail sendiri pertama kali dikemukakan oleh Ray Tomlinson, seorang computer engineer pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt, Beranek and newman (BBN) milik lembaga pertahanan Amerika.
Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah computer, sehingga orang lain yang memakai computer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu, ia melanjutkan eksperimenya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke computer lain yang berada di dalam jaringan ARPnet. Itulah awal terciptanya sebuah e-mail. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah “QWERTYYUIOP”
Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘@’ sebagai identitas e-mail untuk memisahkan user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at”atau”pada”.
Contoh alamat e-mail :
Sahrudin : nama kotak surat (mailbox) atau nama pengguna (username) yang ingin dituju dalam mailserver yahoo.com : nama mailserver tempat pengguna yang dituju, rincianya : yahoo : subdomain (milik pemegang nama domain), biasanya merujuk ke suatu computer dalam lingkungan pemilik domain com : menunjukan bahwa domain ini termasuk kategori bisnis/komersial.
Sebuah alamat e-mail terdiri atas dua bagian seperti contoh di atas yaitu di sebelah kiri tanda @ disebut user id (paksiman), yang menunjukan identitas pemilik e-mail tersebut. User id ini dapat berupa nama pemilik, singkatan nama, nickname, nomor atau apapun juga. Sedangkan teks setelah lambing @ (yahoo.com disebut domain name/hostname yang menunjukan identitas domain tempat e-mail (mail server) tersebut disimpan.
Mulai tahun 1980-an surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh kalangan umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai Negara menurun penghasilanya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.

Pengertian E-mail
E-mail adalah surat melalui media elektronik.Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic mail”. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet.
Email adalah fasilitas di internet untuk keperluan surat menyurat. Sebagaimana layaknya kegiatan surat-menyurat melalui jasa pos, email mampu menangani jasa pengiriman berita dan dokumen dalam bentuk data elektronik (file), termasuk jasa e-card (kartu ucapan elektronik). Untuk memanfaatkan fasilitas email, sebelumnya harus memiliki sebuah alamat email, yang lazim disebut email address atau email account. Account email dapat diperoleh dari sebuah situs penyedia fasilitas email. Hingga saat ini, fasilitas e-mail banyak disediakan secara gratis oleh situs-situs internetlokal dan internasional (tidak dibedakan fungsinya).
Bentuk umum sebuah alamat email adalah sebagai berikut:
1.    Nama : identitas alamat pemilik email (login nama atau user id).
2.    @ : dibaca at (artinya di).
3.    Situs.com : alamat situs penyedia fasilitas email.
Kode akhiran situs (seperti .com atau .net) menyesuaikan kategori yang dimiliki situs penyedia fasilitas email tersebut.
Sebagai contoh : Rifda@telkom.net
dibaca “e-mail si Rifda di telkom.net” (Rifda memanfaatkan layanan situs dari telkom.net).
Bisa saja seseorang dengan nama yang sama memiliki alamat e-mail lebih dari satu, baik pada situs penyedia e-mail yang sama maupun yang berlainan. Misalnya untuk mempermudah pengelolaan surat, dibua satu alamat e-mail untuk surat-surat pribadi dan satu alamat e-mail untuk urusan bisnis.
Jika digunakan fasilitas e-mail dari situs yang sama, maka identitas nama kedua e-mail hrs dibedakan, contoh:
·      nama01@telkom.net untuk urusan pribadi.
·      nama02@telkom.net atau nama01@yahoo.com untuk urusan bisnis.
Meskipun demikian, untuk alamat e-mail pribadi, sebaiknya cukup dimiliki satu atau dua saja karena jika terlalu banyak menjadi tidak efisien dan akan membuat repot sendiri untuk mengingat dan mengelolanya.

Anatomi Alamat Email
Alamat email terdiri dari dua bagian yang dipisahkan dengan tanda axon / @.
Misalnya alamat: Rifda@yahoo.com
Di sebelah kiri @ disebut user name (Rifda), yang menunjuk pada identitas si pemilik alamat email. User name bisa merupakan nama si pemilik, singkatan nama, nickname, nomor, atau apapun juga. User name juga menjadi nama bagi emailbox yang dimiliki seseorang di sebuah mail server.
Di sebelah kanan @ (yahoo.com) disebut domain name, yang menunjukkan identitas mail server di mana seorang user memiliki emailbox.
Domain name biasanya menunjukkan nama perusahaan atau organisasi pemilik sebuah account. Misalnya :
·         liputan6@sctv.co.id (crew acara Liputan6 di SCTV)
·         ylbhi@ylbhi.org (Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia)
·         kompas@kompas.com (Surat Kabar Harian Kompas) Selain itu, dari bagian paling belakang dari sebuah email kita bisa memperoleh beberapa dugaan mengenai pemiliknya.
·         .com, biasanya ini dimiliki oleh perusahaan komersial atau usaha bisnis lainnya
·         .edu, biasanya menunjukkan bahwa pemiliknya adalah sebuah universitas atau institusi pendidikan
·         .gov, dimiliki oleh instansi pemerintah
·         .mil, dimiliki instansi militer
Sama halnya dengan surat biasa (snail mail) yang harus melewati beberapa kantor pos sebelum sampai ke tujuannya, begitu dikirimkan oleh seseorang melalui komputer yang tersambung ke internet sebuah email masuk ke beberapa komputer lain di sepanjang jaringan internet. Komputer-komputer itu disebut dengan email server.
Ketika email tersebut sampai ke server yang menjadi tujuan (seperti yang ditunjuk pada alamat email – kepada siapa kita menulis email) email tersebut disimpan pada sebuah emailbox. Si pemilik alamat email baru bisa mendapatkan email itu kalau yang bersangkutan mengecek emailbox-nya. Jadi, tidak benar kalau dibayangkan bahwa untuk bisa menerima email kita harus terhubung terus menerus dengan internet. Untuk bisa menerima email kita mesti memiliki sebuah account pada suatu email server, yang tentu berada pada sebuah ISP (Internet Service Provider). Ini sama dengan bila kita memiliki alamat rumah kita. Hanya bedanya, bila pada snail mail kita hanya bisa menerima surat manakala kita berada di alamat kita, sedangkan pada email, kita bisa menerimanya di mana saja kita berada. Misalnya saya bisa mengecek email-email yang datang ke alamat email saya yahoo.com - yang normal-nya

Cara Membuat E-Mail
Langsung saja kita ke pokok pembahasan, untuk cara membuat Email di gmail, silahkan ikuti langkah-langkah simple berikut...
1.    Buka http://gmail.com
Klik Create An Account di bawah untuk login
2.    Anda akan masuk ke halaman pengisian data, silahkan isi formulir pendaftaran sesuai data pribadi anda.
a.    Nama : Isi dengan nama depan dan nama belakang anda.
b.    Pilih nama pengguna anda : Isikan alamat email yang anda inginkan (nama email harus belum digunakan orang lain).
c.    Buat sandi : Isi dengan password yang anda ingikan.
d.    Konfirmasi sandi anda : Masukkan ulang password anda.
e.    Tanggal lahir : Silahkan isi dengan tanggal lahir anda.
f.     Gender : Pilih jenis kelamin anda.
g.   Ponsel : Isikan dengan nomor telepon anda.
h.    Alamat email anda saat ini : Masukkan alamat email lain (masukkan jika ada). Bisa anda kosongi.
i.      Lokasi : Isi dengan lokasi negara tempat anda tinggal.
j.      Centang dua persyaratan dari google tersebut.
k.    Klik tombol langkah berikutnya
3.    Setelah anda mengisi formulir pendaftaran, anda akan dibawa ke halaman verifikasi akun, klik Lanjutkan.
4.    Anda akan diberi kode verifikasi yang dikirim oleh google secara otomatis ke nomor telepon yang anda isikan tadi. Kemudian masukkan angka verifikasi ke dalam kotak yang tersedia.Jika sudah, silahkan klik Verifikasi.
5.    Anda akan dibawa ke halaman Profil, langkah selanjutnya adalah menambahkan foto profil. Jika anda sudah punya silahkan ditambahkan dengan mengklik "Menambahkan Foto Profil". Jika sudah, klik saja Langkah berikutnya.
6.    Jika semua langkah diatas sudah anda lakukan dengan benar, akan ada ucapan sambutan dari Google. Klik Lanjutkan ke Gmail.
7.    Anda akan langsung dibawa ke halaman muka Gmail. Google akan langsung memberikan 4 pesan ke inbox email anda.
8.    Sampai disini akun Gmail anda sudah jadi, silahkan anda manfaatkan fitur-fitur yang sudah disediakan oleh produk google gmail.

Mengenal fasilitas Email
Beberapa fasilitas e-mail antara lain sebagai berikut :
1.    Inbox
Merupakan tempat menyimpan surat atau e-mail sebagai mana layaknya sebuah folder penyimpanan file di dalam komputer. Inbox dapat digunakan untuk memeriksa surat, membaca serta mengelolanya.
2.    Check Mail
Merupakan fasilitas link perintah untuk mencek surat – surat yang baru masuk atau membaca surat – surat lama yang berada di Inbox.
3.    Compose
Merupakan fasilitas link perintah untuk menampilkan lembar pembuatan surat baru yang akan dikirim
4.    Folders
Merupakan fasilitas pengarsipan bagi surat – surat, baik surat yang telah terkirim maupun surat yang telah diterima.
5.    Address Book
Merupakan fasilitas untuk membuat yang menyimpan daftar alamat e-mail penting (misalnya e-mail relasi dan rekan).
6.    Reply
Merupakan fasilitas link perintah untuk menampilkan lembar pembuatan surat balasan berdasarkan sebuah e-mail yang telah dibaca. Melalui fasilitas ini, tidak perlu lagi mengetik alamat e-mail tujuan dan judul surat, cukup mengetik pesan balasan di atas pesan yang diterima.
7.    Forward
Merupakan fasilitas untuk mengirim kembali sebuah e-mail yang diterima tanpa melakukan perubahan pada isi e-mail.
8.    Trash
Merupakan tempat pembuangan sementara di e-mail yang sudah di hapus dan tidak diperlukan lagi.
9.    Attachment
Merupakan fasilitas untuk menyertakan data lampiran pada pesan e-mail yang akan dikirim ( misalnya file dokumen atau foto)
10.    Option/Configuration
Merupakan fasilitas untuk mengatur account e-mail seperti mengubah data personal, memberi tanda identitas otomatis pada bagian akhir setiap surat, memblokiran alamat e-mail tertentu, pengubahan password dan sebagainya.
Bulk Mail
11.    Merupakan fasilitas tambahan yang disediakan situs-situs tertentu untuk menyaring dan menyimpan scara otomatis penerimaan e-mail baru yang dianggap tidak penting atau mengganggu seperti e-mail promosi atau sejenisnya.
12.    Signature
Merupakan fasilitas pemberian tanda identitas pengirim surat otomatis yang akan selalu disertakan pada bagian akhir setiap e-mail baru yang dikirim (dapat dibuat melalui fasilitas option).

Fungsi Attachment File Dalam E-Mail
1.    Pengertian attachement.
Attachemen adalah fasilitas yang disediakan pada suatu website atau email untuk dapat mengirimkan dokumen baik berupa gambar, data, musik, dan dokumen lainnya yang selanjutnya akan diupload ke internet.
Dengan adanya attachment sangat memudahkan kita kalau misalnya mau bertukar informasi atau mengirim dokumen penting, karena yang perlu kita lakukan hanyalah mengupload dokumen tersebut ke server, maka orang lain sudah dapat mendownloadnya dari tempat lain. 
2.    Fungsi attachment.
Attachment adalah perintah mengirim file melalui email. Kadang saat kita mengirimkan surat kita ingin mengikutkan lampiran surat yang lain sehingga surat yang kita buat menjadi lebih lengkap tetapi tidak terlalu panjang.
Dalam lampiran attachment surat ini ada beberapa dokumen yang dapat kita lampirkan juga, misalnya: document word ataupun power point. Singkatnya, fungsi Attachment File dalam sebuah email yaitu untukmengirimkan suatu file (baik berupa video,gambar,animasi dll) melalui email kealamat email tujuannya, karena attachment file itu sendiri adalah perintah-perintah untuk mengirimkan suatu file melalui email.
Sedangkan cara melakukan Attachment File ialah :
a.         klik compose pada pilihan yang ada pada email anda.
b.        klik attachment file
c.         Klik Browse
d.        Pilih file yang diinginkan
e.         Klik Attach File
f.          Pilih Done
g.        Klik Send

Membaca Pesan Email

  •  Login ke  http://gmail.com / atau http://yahoo.com
  •  Klik Sign in/ masuk
  • Pada kotak ID tulis alamat email
  • Pada kotak Sandi isi dengan password / kata sandi
  •  Klik Masuk
  •  Bila ingin membaca pesan inbox atau pesan masuk, klik “Judul Pesan”
  • Bila tidak ingin membaca Pesan Masuk Centang/ klik kotak kosong sebelah kiri dibawah tulisan Delete (Jangan klik tulisan Delete).
  • Lalu klik Action/ Tindakan
  • Pilih “Mark as Read/ Tandai sudah dibaca”
  • Maka Angka pada “Inbox/ Pesan Masuk” akan hilang

Membalas Email

  • Klik pesan untuk membukanya.
  • Klik tombol “Balas” yang berada di atas Kotak Masuk. Jika Anda ingin membalas ke setiap orang yang menerima email (jika Anda adalah anggota kelompok yang menerima email tersebut), klik panah bawah di samping kanan tombol Balas, lalu pilih “Balas Ke Semua.” Dengan cara ini, balasan Anda akan dikirim kepada semua penerima pesan asli dan juga ke pengirimnya.
  •  Jendela Tulis akan terbuka. Jika Anda ingin menambah lagi penerima lainnya, Anda dapat mengetikkan alamat email tambahan. Tergantung pada pengaturan “Tindakan Pesan” (lihat kotak di bawah), Anda akan melihat semua, sebagian, atau tanpa pesan asli si pengirim (pesan yang sedang Anda balas) di jendela Tulis.
  • Ketik balasan Anda. Jika Anda memilih untuk menyertakan pesan asli si pengirim dalam balasan Anda, Anda dapat mengetik di bagian atasnya, di bawahnya, atau bahkan di dalam pesan si pengirim itu sendiri untuk merespons secara ringkas pada bagian-bagian yang berbeda dari email mereka. Lihat contoh di bawah ini. Klik kursor di mana saja untuk mulai mengetik. Klik “Kirim” untuk mengirim balasan Anda.

Fungsi e-mail
Fungsi email adalah sebagai berikut:
a.       Media komunikasi
E-mail atau surat elektronik adalah media komunikasi yang biasa dilakukan secara persoal atau umum (komunitas).
b.      Media pengiriman
Dengan e-mail anda bisa melakukan pengiriman data ke seluruh dunia dan tentunya pengirim dan yang dikirimi data sama-sama menggunakan alamat e-mail, bukan alamat rumah. Tidak hanya itu, dengan menggunakan e-mail anda bisa mengirimkan data ke banyak orang hanya dalam hitung menit bahkan detik.
c.       Efektif, efisien, dan murah
Melakukan pengiriman data melalui e-mail sangat efektif, efisien, dan murah. Maksudnya, anda tidak perlu keluar rumah dan pergi ke kantor pos hanya untuk mengirim foto atau lamaran pekerjaan. Cukup melalui koneksi internet dan alamat e-mail anda, pengiriman akan cepat sampai ke alamat tujuan dan tidak perlu biaya mahal.
d.      Media promosi
Jika anda bisa memiliki usaha di internet atau bisnis online, anda bisa mengirimkan promosi produk ke para pelanggan anda dengan memanfaatkan daftar e-mail pelanggan yang ada.
e.       Media informasi
Melalui e-mail, anda bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru dari seluruh dunia yang anda inginkan dengan cara menjadi pelanggan informasi dari media yang anda tentukan.
f.        Membuat blog atau website
Dengan e-mail anda bisa membuat blog dan website.
g.      Sosial media
Dengan e-mail, anda bisa menjalin hubungan dengan teman atau orang lain. Baik menggunakan e-mail itu sendiri atau melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter, atau google.


  • Search Engine (Google)
Sejarah Search Engine
Saat awal perkembangan internet, Tim Berners-Lee membuat sebuah situs web yang berisikan daftar situs web yang ada di internet melalui peladen web CERN. Sejarah yang mencatat sejak tahun 1992 masih ada hingga kini. Dengan semakin banyaknya situs web yang aktif membuat daftar ini tidak lagi memungkinkan untuk dikelola oleh manusia. Utilitas pencari yang pertama kali digunakan untuk melakukan pencarian di internet adalah Archie yang berasal dari kata "archive" tanpa menggunakan huruf "v". Archie dibuat tahun 1990 oleh Alan Emtage, Bill Heelan dan J. Peter Deutsch, saat itu adalah mahasiswa ilmu komputer Universitas McGill, Amerika Serikat. Cara kerja program tersebut adalah mengunduh daftar direktori serta berkas yang terdapat pada layanan ftp publik (anonim) kemudian memuatnya ke dalam basisdata yang memungkinkan pencarian.
Mesin pencari lainnya seperti Aliweb, muncul di 1993 dan masih berjalan hingga saat ini. Salah satu mesin pencari pertama yang sekarang berkembang menjadi usaha komersial yang cukup besar adalah Lycos, yang dimulai di Carnegie Mellon University sebagai proyek riset di tahun 1994.
Segera setelah itu, banyak mesin pencari yang bermunculan dan bersaing memperebutkan popularitas. Termasuk di antaranya adalah WebCrawler, Hotbot, Excite, Infoseek, Inktomi, dan AltaVista. Masing-masing bersaing dengan menambahkan layakan-layanan tambahan seperti yang dilakukan oleh Yahoo.
Tahun 2002 Yahoo! mengakuisisi Inktomi, setahun kemudian mengakuisisi AlltheWeb dan Altavista kemudian meluncurkan mesin pencari sendiri yang didasarkan pada teknologi gabungan dari mesin-mesin pencari yang telah diakuisisinya serta memberikan layanan yang mengutamakan pencarian Web daripada layanan-layanan lainnya.
Di bulan desember 2003, Orase menerbitkan versi pertama dari teknologi pencari waktu-riilnya. Mesin ini memiliki banyak fungsi baru dan tingkat unjuk kerja yang jauh lebih baik.
Mesin pencari juga dikenal sebagai target investasi internet yang terjadi pada akhir tahun 1990-an. Beberapa perusahaan mesin pencari yang masuk ke dalam pasar saham diketahui mencatat keuntungan besar. Sebagian lagi sama sekali menonaktifkan layanan mesin pencari, dan hanya memasarkannya pada edisi-edisi enterprise saja, contoh Northern Light sebelumnya diketahui merupakan salah satu perintis layanan mesin pencari di internet.
Buku Osmar R. Zaïane From Resource Discovery to Knowledge Discovery on the Internet menjelaskan secara rinci sejarah teknologi mesin pencari sebelum munculnya Google. Mesin-mesin pencari lainnya mencakup a9.com, AlltheWeb, Ask Jeeves, Clusty, Gigablast, Teoma, Wisenut, GoHook, Kartoo, dan Vivisimo.

Sejarah Google
'Google' adalah sebuah istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol. Hal tersebut mungkin menyimbolkan besarnya ambisi Google dan meningkatnya dampak yang ditimbulkan oleh pasar yang dinamis dan pemasaran. Pada tahun 1995, Larry Page dan Sergey Brin menciptakan sesuatu di kamar tidur mereka di Universitas Stanford. Sesuatu yang dalam kurun waktu lima tahun sudah dapat berurusan dengan 100 macam pencarian di internet setiap hari, dan mereka menjadi miliarder dalam waktu kurang dari satu dekade.
Google memiliki visi yang sederhana, untuk menjadi 'mesin pencari yang sempurna' atau, seperti yang dikatakan oleh Page, "Sesuatu yang mengerti apa yang Anda inginkan, dan memberikan informasi sesuai dengan yang Anda harapkan." Kini, dengan memiliki lebih dari 80 juta pemakai, yang melakukan pencarian di antara lebih dari delapan triliun situs, Google menjadi lebih mapan, dan menjadi leader di dunia search engine.
Tentu saja, hampir semua 'pemasaran' saat ini mulai dengan "sebuah Google": buku-buku teks tidak mengikutsertakannya dalam teori mereka tentang alur komunikasi, dan beberapa agensi iklan berani mengakuinya, tetapi hal tersebut benar-benar mewakili kendali atas konsumen, transaksi yang dipicu oleh pelanggan itu sendiri, dan kekuatan yang kini beralih ke pihak pelanggan di dunia yang kompleks saat ini.
Kesadaran akan sebuah merek dicapai dengan cara melalui mulut ke mulut dan dampak menyebar seperti virus melalui click-click yang dilakukan antara situs yang satu ke situs yang lain, revenue pun dapat diperoleh dengan cara menggunakan para pengiklan untuk menarget pengguna-pengguna online melalui cara-cara yang efisien dan canggih. Google berargumentasi bahwa hal ini membuat periklanan menguntungkan bagi kedua belah pihak, baik pihak pelanggan maupun pihak pengiklan yang memasang iklan tersebut. Mereka percaya para pelanggan harus tahu dan melihat iklan tersebut apabila pengiklan sudah membayar mahal untuk memasang iklan di depan mata para pelanggan. Jadi, mereka mencari cara untuk membedakan iklan agar terlihat menonjol di antara hasil-hasil pencarian yang muncul dari halaman situs-situs lainnya. Tentu saja, Google tidak menjual penempatan konten-konten pada hasil pencarian sendiri, ataupun mengizinkan orang membayar lebih agar mendapatkan ranking lebih tinggi di sana.
Ribuan pengiklan menggunakan Google AdWords untuk mempromosikan produk dan jasa mereka lewat internet dengan target yang spesifik, dan merupakan program yang terbesar. Sebagai tambahan, ribuan manajer website mengambil keuntungan dari program Google AdSense untuk beriklan dengan konten yang relevan dengan situs mereka. Hal tersebut juga mengembangkan kemampuan mereka untuk meningkatkan pendapatan dan meningkatkan pengalaman pelanggan mereka. The basic ranking system (sistem peringkat dasar) adalah sebuah model dari demokrasi pelanggan--peringkat pencarian menentukan seberapa populer situs-situs yang ada, yang dibantu juga dengan situs-situs lain yang saling terhubung satu sama lain dan mendukung sistem jaringan yang lebih terbuka.
Google tetap kuat bertahan di dunia yang kompleks dengan berpegang pada filosofinya yang dibangun menurut "sepuluh prinsip". Sementara kepercayaan diri mereka telah banyak mengalami tantangan--tidak hanya di pasar yang banyak mengalami gangguan, tetapi juga seperti contoh pada waktu 2004 Nasdaq flotation, ketika Google memaksa para investor supaya tidak memperlakukan mereka seperti perusahaan normal pada umumnya--keyakinan mereka merupakan pedoman kokoh yang memungkinkan mereka tetap fleksibel sembari tetap menuju ke arah yang benar.

Kelebihan dan kekurangan Google
Kelebihan Google

  •  Tampilan  google sangat sederhana, tanpa iklan dan news sehingga tidak membingungkan. Sekali masuk 100% pasti akan melakukan aktifitas pencarian.Google memudahkan pencarian menggunakan kata kunci yang relevan. Hanya beberapa detik saat kita mengetikkan kata kunci, google menawarkan beberapa kata kunci populer dan relevan yang mungkin Anda inginkan (Swadik, 2011: 23).
  • Google mendukung web service. Layanan ini diperuntukkan bagi software developer. Dengan mengetahui tentang web service suatu mesin pencari, Anda tidak perlu membuat mesin pencari sendiri untuk membuat aplikasi yang support pencarian di web misal browser firefox, Yahoo Messenger atau flock. Aplikasi-aplikasi tersebut support pencarian.Google melakukan pengindexan suatu halaman website secara berkala. Sehingga saat kita update web, google dipastikan akan datang berkunjung untuk melakukan indexing.Sekarang google support terhadap pencarian berdasarkan lokasi pengunjung (localized search). Contohnya jika anda ketikkan google.com di indonesia, maka akan muncul ke google.co.id. Sangat mudah dan cepat diakses.
  • Selain google mendukung web service, mesin pencari google mempunyai peran penting sebagai alat komunikasi. Di negara kita sendiri, Indonesia, pengguna layanan Gmail masih tergolong minoritas jika dibandingkan dengan Yahoo! yang memang seperti menjadi rajanya email di Indonesia (Jubilee, 2009:  83-85).
  • Sebagai sebuah layanan email yang handal, Gmail membebaskan pembuatan alamat email sehingga tidak kaku, tidak terlalu harus sesuai pengetikan karakter. Gmail tidak mengindahkan karakter titik dan huruf kapital di alamat email. Selain hal tersebut Gmail memberikan suatu kelebihan pada pemberian nama alamat email yaitu pengguna dapat melakukan penambahan karakter plus pada alamat email yang di inginkan.
  • Google sebagai  media publikasi. Dengan adanya google seorang penulis dimudahkan dalam hal mempublikasikan suatu karya tulis ataupun website kita agar banyak user yang dapat melihat serta menjadikan sebagai bahan referensi.

Kekuranga
Beberapa kendala yang sering dialami oleh user pada saat searching.

  • Perkembangan website yang sangat cepat tidak mendapat bandingan dari kecepatan index google, sehingga kadang artikel yang kita buat sekarang baru terindex beberapa menit bahkan sampai berhari-hari.
  • Kadangkala hasil pencarian tidak relevan, meskipun google telah berusaha menampilkan hasil yang relevan. Kadang hasil pencarian hanya membuat kita berputar dari web ke web yang lain.
  •  Aktifitas link spamming yang tidak terbendung untuk mengangkat posisi website jika tidak bisa dibedakan search engine dengan link natural akan menyebabkan akurasi pencarian melemah.
  • Tidak bisa mengindeks halaman tertentu. Beberapa website yang memakai konten dinamis tidak bisa diindex. Biasanya website seperti ini dihalangi oleh form yang mengharuskan inputan. Form inilah yang menyebabkan website dimanis sulit terindex dengan baik.

Proses Pencarian Data pada Mesin Pencari Google
Dibalik teknologi pencarian adalah perangkat lunak. Perangkat lunak dengan serangkaian bahasa program untuk menghitung secara simultan dengan membutuhkan sepersekian detik. Mesin pencari tradisional lebih mengandalkan seberapa sering kata muncul pada halaman web. Google menggunakan lebih dari 200 sinyal, termasuk algoritma pageran yang merupakan hak paten Google. Sinyal ini berfungsi untuk memeriksa seluruh struktur link dari situs dan menentukan halaman yang paling penting.
Google mampu menganalisis kesesuaian hipertext untuk menentukan halaman yang relevan dengan pencarian khusus yang dilakukan. Menggabungkan sinyal secara keseluruhan dan relevansi query spesifik, dan menempatkan hasil pertama yang paling relevan dan dapat diandalkan atas query pengguna (Richard, 2005:  27).
Berikut ini secara garis besar langkah-langkah Cara Kerja Mesin Pencari Google secara urut menurut nomor:

  1.  Apabila user menulis blog, memperbarui situs, atau menambahkan konten ke situs
  2.  Google bot merangkak pada situs untuk menemukan posting Anda
  3. Setelah merangkak halaman akan diindeks dalam hitungan detik
  4.  Google memperkirakan domain dan otoritas keseluruhan halaman berdasarkan link
  5. Halaman diperiksa terhadap kebijakan editorial
  6. Hukuman diterapkan dan setiap halaman, sekarang Google memiliki banyak daftar data terlampir untuk membantu kepentingan pengguna
  7. Query Pengguna Google
  8. Google menyarankan kata kunci didasarkan pada apa yang telah diketik beberapa karakter.
  9. Google menggunakan sinonim untuk mencari kata-kata serupa untuk menyertakan dalam permintaan pencarian.
  10. Hasil set awal dibuat
  11. Hasil set diurutkan berdasarkan kewenangan dan pagerank, dan halaman duplikat dihapus
  12. Penyaring diterapkan

Dampak Positif dan Negatif Mesin Pencari Google
Dengan adanya mesin pencari:
·    pengguna internet dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka cari hanya dengan mengetikan kata kuncinya
·  dapat menaikkan traffic dari sebuah web dan dalam sebuah kasus Google juga membantu seorang pria yang bernama Dr. Scott Becker
·    Seorang pria yang bermukim di Atlanta, Amerika Serikat, reuni dengan puterinya yang telah terpisah 30 tahun berkat pertolongan dunia maya.
·       Dengan adanya layanan google seperti Google erath dapat membantu ahli geologi, maupun orang-orang lainnya untuk dapat melihat lokasi yang dicari menambah pengetahuan mempercepat pencarian informasi yang jelas beserta gambarnya.
Namun, tanpa kita tahu ternyata google sebagai search engine juga memiliki dampak negatif. Tanpa kita sadari kita hanya focus kepada kesempurnaan dan kecanggihan google. Padahal di balik itu ada kenyataan bahwa google memiliki dampak yang kurang baik, yaitu:

  • Kecanggihannya yang memudahkan kita untuk mencari sesuatu membuat kita merasa dimanjakan. Kita tidak perlu lagi bersusah payah mencari buku untuk membaca materi yang kita inginkan. Secara praktis kita hanya tinggal membuka google dan mengetikkan kata yang kita inginkan.
  • Dapat menyusup ke arsip – arsip rahasia di dunia maya, konten pornografi yang tidak di filter, sehingga dapat diakses semua kalangan, pempublikasian data–data rahasia yang terkadang tersaring dan masuk dalam fitur pencarian di google.
  • Sekarang banyak anak yang mengandalkan Google untuk menyelesaikan masalah. Sebagai contoh apabila ada tugas dari sekolah  banyak anak yang mencari jawabannya di Google. Dengan demikian Kreatifitas anak lama-lama bisa mati karena setiap ada tugas maupun masalah, anak selalu mengandalkan Google.


  •  Download dan Upload File
Download
Download adalah istilah yang menjabarkan proses transfer suatu file dari jaringan internet ke komputer melalui internet. Dalam bahasa Indonesia, download disebut juga mengunduh.Selain download, terdapat pula istilah upload, yang juga merupakan proses transfer suatu file melalui internet. Bedanya, proses ini berlangsung dari komputer kita ke internet. Mudahnya, upload berarti kita mengirimkan atau menaruh suatu file ke internet. Istilah dalam bahasa Indonesianya adalah mengunggah.
Untuk melakukan proses download dan upload file, kamu membutuhkan koneksi internet. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses download atau upload file ditentukan oleh koneksi internet yang kamu miliki. Semakin bagus dan cepat koneksi internet yang kamu miliki, maka proses download dan upload file akan semakin cepat. Koneksi internet yang bagus saat ini di Indonesia baru dapat diperoleh di kota-kota besar karena infrastruktur yang masih terbatas. Karena itu, meskipun proses download dan upload file sangat mudah untuk dilakukan, seringkali koneksi internet yang lambat menjadi penghalang untuk menjalankan proses ini.
Terdapat faktor lain yang mempengaruhi kecepatan proses download dan upload ini selain koneksi internet kamu masing-masing, yaitu server website tempat kamu mendownload atau upload file tersebut. Bagi kamu yang sudah cukup sering mendownload file, pasti sudah pernah mendengar istilah server lokal dan server luar. Download dan upload file dari server lokal akan lebih cepat daripada server luar, begitu juga sebaliknya.
Dalam melakukan download file tergantung pada 4 (empat) hal, yaitu: kecepatan modem, kesibukan server, letak server dan tingkat kemacetan jaringan Internet.

  •       Kecepatan Modem Semakin cepat modem, semakin cepat file dapat Anda downlaod. Line telepon yang saling menyilang di planet kita ini adalah faktor keterbatasan yang utama. Hampir semua line telepon tersebut dapat mendukung 28.8 Kbps kecepatan modem. Tingkat transfer yang lebih dari itu tergantung pada kualitas kabel telepon lokal. Akan sia-sialah menginvestasi 56.6 Kbps modem, jika kabel telepon di daerah itu tidak mendukung. Jadi sebelum membeli modem dengan kecepatan 56.6 Kbps, periksalah teman-teman satu daerahmu, apakah ada yang menggunakan modem lebih dari 28.8 Kbps. Jika tidak ada satu orang pun yang dapat melakukan hubungan dengan kecepatan di atas 28.8 Kbps (asumsikan bahwa modem mereka dapat mengkoneksi lebih cepat), maka tidak ada gunanya membeli modem dengan kecepatan 56.6 Kbps.
  •       Kesibukan Server Server dapat memutuskan pengaksesan dari semua modem. Saat itu terjadi, pesan kesalahan yang sering muncul di browser adalah: ‘anonymous access denied’ atau ‘server returned extended information’. Kedua pesan itu berarti server terlalu sibuk dan tidak dapat memproses permintaan Anda. Tidak ada kesalahan dalam komputer Anda, tidak perlu panik, coba lagi saja.
  •     Letak Server Letak geografis memainkan peranan yang besar dalam kecepatan download. Semakin panjang line telepon, maka perjalanan file download juga semakin lama.
  •      Tingkat Kemacetan Jaringan Internet Anda dapat memiliki modem yang cepat dan tidak ada kemacetan, tetapi tetap saja bisa mengalami waktu down load yang lama. Penyebabnya karena dengan jumlah bandwidth yang sama, dalam waktu-waktu tertentu diakses oleh lebih banyak modem dibandingkan dengan waktu lainnya.

Cara Download File dari 4shared
4shared adalah salah satu situs penyimpanan file gratis yang populer di kalangan pengguna internet. Disini, kamu bisa menyimpan dan mendownload file apapun yang tersedia. Cara untuk download dari 4shared cukup mudah, silakan ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Buka situs 4shared dan cari file yang kamu inginkan lewat fasilitas search yang disediakan.
  2. Ketika link sudah muncul, klik dan kemudian kamu akan diarahkan ke halaman lain sebelum mulai men-download.
  3. Klik pada tombol Unduh Sekarang yang biasanya dilengkapi tanda panah ke bawah. Klik tombol tersebut dan kamu akan diarahkan lagi ke halaman lain.
  4. Pada halaman berikut, klik 'Unduh Gratis' untuk mendownload file secara gratis. Kamu akan diminta untuk menunggu selama beberapa saat dan download akan dimulai secara otomatis.

Cara Download File dari Indowebster
Indowebster merupakan situs lokal yang populer di kalangan pengguna internet di Indonesia. IDWS menyediakan fasilitas download dan upload bagi penggunanya. Cara download file dari Indowebster :

  1. Buka situs Indowebster dan lakukan pencarian file yang diinginkan.
  2. Bila sudah ditemukan, klik link file tersebut. Kamu akan dialihkan ke halaman lain.
  3. Cari tombol download. Biasanya berwarna biru dan berada di bawah keterangan file tersebut. Klik tombol tersebut dan kamu akan dialihkan ke halaman lain.
  4. Sama seperti 4shared, kamu akan diminta menunggu beberapa saat sebelum dapat mendownload file. Tombol download secara otomatis akan tersedia apabila file sudah siap di download.

Upload
Upload adalah juga proses transmisi sebuah file dari sebuah sistem komputer ke sistem komputer yang lainnya dengan arah yang berkebalikan dengan download. Dari internet, user yang melakukan proses upload adalah proses dimana user mengirimkan file ke komputer lain yang memintanya. User yang men-share gambar,foto dengan yang user yang lainnya di bulletin board sytem (BBS), mengupload file ke BBS. File Transfer Protocol (FTP) adalah contoh Internet protokol untuk downloading and uploading files.
Arti istilah Upload dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut :
·         Mengirim file dari komputer Anda ke komputer lain. Kegiatan pengiriman data (berupa file) dari komputer lokal ke komputer lainnya yang terhubung dalam sebuah network
·         Secara umum upload dapat diartikan proses transmisi data dari komputer client/pemakai ke internet.

Berikut adalah salah satu cara memasang (embed) dokumen berbentuk Word, Excel, PPT dan PDF pada blog atau website kita melalui google docs. Google docs merupakan media penyimpanan berbagai dokumen kita yang dapat dilihat secara langsung secara online tanpa mendownloadnya terlebih dahulu. Bagi anda yang baru pertama kali masuk ke google docs, maka anda harus setuju dengan peraturan yang di buat oleh google. Berikut adalah cara embed/ pasang dokumen google drive pada blog atau website.

Langkah 1 : upload file ke google docs.

  1.  Silahkan login ke https://drive.google.com/ dengan account gmail anda.
  2. Klik tab BARU
  3. Klik tombol UPLOAD
  4. Masukan file yang ingin anda upload (word, excel, power point).
  5. Klik tombol Upload File yang ada di sebelah bawahnya.
  6. Tunggu beberapa saat sampai file anda terupload semuanya (tergantung dari besarnya file serta kecepatan koneksi anda).
  7. Jika sudah terupload, anda bisa mengeditnya jika mau  yaitu dengan mengeklik dokumen yang telah terupload.
  8. Kemudian pilih bagikan
  9. Maka muncul menu sharing settings.
  10.  Copy link to share ke notepad atau text editor lainnya.
  11. Kemudian klik Selesai
  12. Yang kita butuhkan bukanlah semua kode yang sudah kita copy sebelumnya (perhatikan kode yang berwarna kuning-itu kode yang kita butuhkan)
maka yang kita copy cukup kode:
1KzgroUVft146VRZAZweRSTrI8_JNE9BTvjV4F6cpY4w
13.  Terakhir, paste kode di bawah ini pada postingan blog dengan mengganti “(paste disini)”  termasuk tanda kurung "()"]dengan kode yang sudah kita dapat sebelumnya, (untuk ukuran bisa disesuaikan sendiri.
Contoh: <iframe src="https://docs.google.com/viewer?srcid=(paste disini)&pid=explorer&chrome=false&embedded=true" width="500" height="500"></iframe>
14.  Selesai.

Langkah 2 : posting kode google docs ke blogger.

  1. Silahkan login ke blogger dengan ID anda.
  2. Klik Posting Baru.
  3. Silahkan anda buat postingan yang anda inginkan.
  4. Ketika anda mau menyisipkan kode yang dari google docs, klik terlebih dahulu tab Edit HTML ( jangan yang compose)
  5. Paste kode google docs yang ada di notepad tadi pada tempat yang anda inginkan.
  6. Klik Tombol MEMPUBLIKASIKAN POSTING.
  7. Silahkan lihat hasilnya.



  • E-Learning
Pengertian E-Learning
E-learning adalah sebuah proses pembelajaran yang berbasis elektronik. Salah satu media yang digunakan adalah jaringan komputer. Dengan dikembangkannya di jaringan komputer memungkinkan untuk dikembangkan dalam bentuk berbasis web, sehingga kemudian dikembangkan ke jaringan komputer yang lebih luas yaitu internet. Penyajian e-learning berbasis web ini bisa menjadi lebih interaktif. Sistem e-learning ini tidak memiliki batasan akses, inilah yang memungkinkan perkuliahan bisa dilakukan lebih banyak waktu (Nugroho, 2007).
Banyak orang menggunakan istilah yang berbeda-beda dengan e-learning, namun pada prinsipnya e-learning adalah pembelajaran yang menggunakan jasa elektronika sebagai alat bantunya. E-learning memang merupakan suatu teknologi pembelajaran yang yang relatif baru di Indonesia (Tafiardi, 2005).
Sedangkan Istilah e-learning dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya.
Istilah e-learning digunakan sebagai istilah untuk segala teknologi yang digunakan untuk mendukung usaha-usaha pengajaran lewat teknologi elektronik internet. Oleh karena itu, istilah e-learning lebih tepat ditujukan sebagai usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar yang ada di sekolah/universitas ke dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi internet (Purbo & Hartanto, 2002).

Karakteristik E-Learning
E-learning ini sendiri mempunyai beberapa karakteristik seperti yang telah dikemukakan oleh Suyanto (2005) mengemukakan 4 karakteristik e-learning yang terdiri dari:
1.      Memanfaatkan jasa teknologi elektronik, dimana pengajar dan peserta didik,peserta didik dan peserta didik, ataupun pengajar dan sesama pengajar dapat berkomunikasi dengan relatif mudah tanpa dibatasi oleh hal-hal yang protokoler.
2.      Memanfaatkan keunggulan komputer (media digital dan jaringan komputer).
3.      Menggunakan bahan ajar yang bersifat mandiri yang dapat disimpan di komputer sehingga dapat diakses oleh guru dan siswa kapan saja dan dimana saja bila yang bersangkutan membutuhkannya.
4.      Memanfaatkan jadwal pembelajaran, kurikulum, hasil kemajuan belajar dan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi pendidikan yang dapat dilihat setiap saat di komputer.

Dengan demikian, e-learning itu dapat diartikan sebagai suatu sistem dalam pembelajaran yang mengacu pada penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dengan karakteristik-karakteristik seperti memanfaatkan jasa teknologi, memanfatkan keunggulan komputer, menggunakan bahan ajar yang bersifat mandiri, dan memanfaatkan jadwal belajar yang dapat dilihat pada komputer, serta memberikan fasilitas yang dapat diakses oleh pengajar dan peserta didik/mahasiswa secara pribadi.

Komponen e-learning
Komponen yang membentuk e-learning (Romisatriawahono, 2008) adalah:

  •  Infrastruktur e-learning
Infrastruktur e-learning merupakan peralatan yang digunakan dalam e-learning yang dapat berupa Personal Computer (PC), yakni komputer yang dimiliki secara pribadi (Febrian, 2004), jaringan komputer (yakni, kumpulan dari sejumlah perangkat berupa komputer, hub, switch, router, atau perangkat jaringan lainnya yang terhubung dengan menggunakan media komunikasi tertentu (Wagito, 2005), internet (merupakan singkatan dari Interconnection Networking yang diartikan sebagai komputer-komputer yang terhubung di seluruh dunia (Febrian, 2004) dan perlengkapan multimedia (alat-alat media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafis, gambar, foto, audio, video dan animasi secara terintegrasi (Febrian, 2004)). Termasuk di dalamnya peralatan teleconference (pertemuan jarak jauh antara beberapa orang yang fisiknya berada pada lokasi yang berbeda secara geografis (Febrian, 2004)) apabila kita memberikan layanan synchronous learning yakni proses pembelajaran terjadi pada saat yang sama ketika pengajar sedang mengajar dan murid sedang belajar melalui teleconference.
b.      Sistem dan aplikasi e-learning
Sistem dan aplikasi e-learning yang sering disebut dengan Learning Management System (LMS), yang merupakan sistem perangkat lunak yang mem-virtualisasi proses belajar mengajar konvensional untuk administrasi, dokumentasi, laporan suatu program pelatihan, ruangan kelas dan peristiwa online, program e-learning, dan konten pelatihan (Ellis, 2009), misalnya, segala fitur yang berhubungan dengan manajemen proses belajar mengajar seperti bagaimana manajemen kelas, pembuatan materi atau konten, forum diskusi, sistem penilaian (rapor), serta sistem ujian online yang semuanya terakses dengan internet.


  • Konten e-learning
Konten e-learning merupakan konten dan bahan ajar yang ada pada e-learning sistem (Learning Management System). Konten dan bahan ajar ini bisa dalam bentuk misalnya Multimedia-based Content (konten berbentuk multimedia interaktif seperti multimedia pembelajaran yang memungkinkan kita menggunakan mouse, keyboard untuk mengoperasikannya) atau Text-based Content (konten berbentuk teks seperti pada buku pelajaran yang ada di wikipedia.org, ilmukomputer.com, dsb.). Biasa disimpan dalam Learning Management System (LMS) sehingga dapat dijalankan oleh peserta didik kapan pun dan dimana pun.
Sedangkan ’aktor’ yang ada dalam pelaksanakan e-learning boleh dikatakan sama dengan proses belajar mengajar konvensional, yaitu perlu adanya pengajar (dosen) yang membimbing siswa (mahasiswa) yang menerima bahan ajar dan administrator yang mengelola administrasi dan proses belajar mengajar.

Manfaat E-Learning
Manfaat e-learning (Smaratungga, 2009) terdiri atas 4 hal, yaitu:

  • Meningkatkan kadar interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan guru atau instruktur (enhance interactivity).
Apabila dirancang secara cermat, pembelajaran elektronik dapat meningkatkan kadar interaksi pembelajaran, baik antara peserta didik dengan guru/instruktur, antara sesama peserta didik, maupun antara peserta didik dengan bahan belajar (enhance interactivity). Berbeda halnya dengan pembelajaran yang bersifat konvensional. Tidak semua peserta didik dalam kegiatan pembelajaran konvensional dapat, berani atau mempunyai kesempatan untuk mengajukan pertanyaan ataupun menyampaikan pendapatnya di dalam diskusi. Mengapa?
Karena pada pembelajaran yang bersifat konvensional, kesempatan yang ada atau yang disediakan dosen/guru/instruktur untuk berdiskusi atau bertanya jawab sangat terbatas. Biasanya kesempatan yang terbatas ini juga cenderung didominasi oleh beberapa peserta didik yang cepat tanggap dan berani. Keadaan yang demikian ini tidak akan terjadi pada pembelajaran elektronik. Peserta didik yang malu maupun yang ragu-ragu atau kurang berani mempunyai peluang yang luas untuk mengajukan pertanyaan maupun menyampaikan pernyataan/pendapat tanpa merasa diawasi atau mendapat tekanan dari teman sekelas.


  • Memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran dari mana dan kapan saja (time and place flexibility). 
Mengingat sumber belajar yang sudah dikemas secara elektronik dan tersedia untuk diakses oleh peserta didik melalui internet, maka peserta didik dapat melakukan interaksi dengan sumber belajar ini kapan saja dan dari mana saja. Demikian juga dengan tugas-tugas kegiatan pembelajaran, dapat diserahkan kepada instruktur begitu selesai dikerjakan. Tidak perlu menunggu sampai ada janji untuk bertemu dengan guru/instruktur.
Peserta didik tidak terikat ketat dengan waktu dan tempat penyelenggaraan kegiatan pembelajaran sebagaimana halnya pada pendidikan konvensional. Dalam kaitan ini, Universitas Terbuka Inggris telah memanfaatkan internet sebagai metode/media penyajian materi. Sedangkan di Universitas Terbuka Indonesia (UT), penggunaan internet untuk kegiatan pembelajaran telah dikembangkan. Pada tahap awal, penggunaan internet di UT masih terbatas untuk kegiatan tutorial saja atau yang disebut sebagai “tutorial elektronik”.
3.      Menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas (potential to reach a global audience).
Dengan fleksibilitas waktu dan tempat, maka jumlah peserta didik yang dapat dijangkau melalui kegiatan pembelajaran elektronik semakin lebih banyak atau meluas. Ruang dan tempat serta waktu tidak lagi menjadi hambatan. Siapa saja, di mana saja, dan kapan saja, seseorang dapat belajar. Interaksi dengan sumber belajar dilakukan melalui internet. Kesempatan belajar benar-benar terbuka lebar bagi siapa saja yang membutuhkan.


  • Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran (easy updating of content as well as archivable capabilities).
Fasilitas yang tersedia dalam teknologi internet dan berbagai perangkat lunak yang terus berkembang turut membantu mempermudah pengembangan bahan belajar elektronik. Demikian juga dengan penyempurnaan atau pemutakhiran bahan belajar sesuai dengan tuntutan perkembangan materi keilmuannya dapat dilakukan secara periodik dan mudah. Di samping itu, penyempurnaan metode penyajian materi pembelajaran dapat pula dilakukan, baik yang didasarkan atas umpan balik dari peserta didik maupun atas hasil penilaian instruktur selaku penanggung-jawab atau pembina materi pembelajaran itu sendiri.
Pengetahuan dan keterampilan untuk pengembangan bahan belajar elektronik ini perlu dikuasai terlebih dahulu oleh instruktur yang akan mengembangkan bahan belajar elektronik. Demikian juga dengan pengelolaan kegiatan pembelajarannya sendiri. Harus ada komitmen dari instruktur yang akan memantau perkembangan kegiatan belajar peserta didiknya dan sekaligus secara teratur memotivasi peserta didiknya.


  • E-learning mempermudah interaksi antara peserta didik dengan bahan/materi pelajaran. Demikian juga interaksi antara peserta didik dengan dosen/guru/instruktur maupun antara sesama peserta didik. Peserta didik dapat saling berbagi informasi atau pendapat mengenai berbagai hal yang menyangkut pelajaran ataupun kebutuhan pengembangan diri peserta didik. Guru atau instruktur dapat menempatkan bahan-bahan belajar dan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik di tempat tertentu di dalam web untuk diakses oleh para peserta didik. Sesuai dengan kebutuhan, guru/instruktur dapat pula memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengakses bahan belajar tertentu maupun soal-soal ujian yang hanya dapat diakses oleh peserta didik sekali saja dan dalam rentangan waktu tertentu pula.

Secara lebih rinci, Smaratungga (2009) mengungkapkan manfaat e-learning yang dapat dilihat dari dua sudut yaitu:

  • Dari sudut peserta didik
Dengan kegiatan e-learning dimungkinkan berkembangnya fleksibilitas belajar yang tinggi. Artinya, peserta didik dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang. Peserta didik juga dapat berkomunikasi dengan instruktur setiap saat. Dengan kondisi yang demikian ini, peserta didik dapat lebih memantapkan penguasaannya terhadap materi pembelajaran.
Manakala fasilitas infrastruktur tidak hanya tersedia di daerah perkotaan tetapi telah menjangkau daerah kecamatan dan pedesaan, maka kegiatan e-learning akan memberikan manfaat kepada peserta didik, contohnya:

  •          Peserta didik yang belajar di sekolah-sekolah kecil di daerah-daerah miskin untuk mengikuti mata pelajaran tertentu yang tidak dapat diberikan oleh sekolahnya,
  •       Peserta didik yang mengikuti program pendidikan keluarga di rumah (home schoolers) untuk mempelajari materi pembelajaran yang tidak dapat diajarkan oleh para orangtuanya, seperti bahasa asing dan keterampilan di bidang komputer,
  •      Peserta didik yang merasa phobia dengan sekolah, atau peserta didik yang dirawat di rumah sakit maupun di rumah,  yang  putus  sekolah  tetapi  berminat  melanjutkan pendidikannya, yang dikeluarkan oleh sekolah, maupun peserta didik yang berada di berbagai daerah atau bahkan yang berada di luar negeri, dan
  •     Peserta didik yang tidak tertampung di sekolah konvensional untuk mendapatkan pendidikan.


  • Dari sudut instruktur
Dengan adanya kegiatan e-learning, beberapa manfaat yang diperoleh instruktur antara lain adalah bahwa instruktur dapat:

  1. sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang terjadi,
  2. mengembangkan diri atau melakukan penelitian guna peningkatan wawasannya karena waktu luang yang dimiliki relatif lebih banyak,
  3. mengontrol kegiatan belajar peserta didik. Bahkan instruktur juga dapat mengetahui kapan peserta didiknya belajar, topik apa yang dipelajari, berapa lama sesuatu topik dipelajari, serta berapa kali topik tertentu dipelajari ulang,
  4. mengecek apakah peserta didik telah mengerjakan soal-soal latihan setelah mempelajari topik tertentu, dan
  5. memeriksa jawaban peserta didik dan memberitahukan hasilnya kepada peserta didik.

Kelebihan dan kekurangan E-learning

  • Kelebihan e-learning
Menyadari bahwa melalui internet dapat ditemukan berbagai informasi yang dapat diakses secara mudah, kapan saja dan dimana saja, maka pemanfaatan internet menjadi suatu kebutuhan. Bukan itu saja, pengguna internet bisa berkomunikasi dengan pihak lain dengan cara yang sangat mudah melalui teknik e-moderating yang tersedia di internet (Triluqman, 2007).
Dari berbagai pengalaman dan juga dari berbagai informasi yang tersedia di literatur, memberikan petunjuk tentang manfaat penggunaan internet, khususnya dalam pendidikan terbuka dan jarak jauh, kelebihan e-learning antara lain dapat disebutkan sebagai berikut (Triluqman, 2007):

  •     Tersedianya fasilitas e-moderating dimana pendidik dan peserta didik dapat berkomunikasi dengan mudah melalui fasilitas internet secara regular atau kapan saja kegiatan berkomunikasi itu dilakukan dengan tanpa dibatasi oleh jarak, tempat, dan waktu.
  •    Pendidik dan peserta didik dapat menggunakan bahan ajar atau petunjuk belajar yang tersruktur dan terjadwal melalui internet, sehingga keduanya bisa saling menilai sampai berapa jauh bahan ajar dipelajari.
  •     Peserta didik dapat belajar atau me-review bahan ajar setiap saat dan dimana saja kalau diperlukan mengingat bahan ajar tersimpan di komputer.

  •    Bila peserta didik memerlukan tambahan informasi yang berkaitan dengan bahan yang dipelajarinya, ia dapat melakukan akses di internet.
  •      Baik pendidik maupun peserta didik dapat melaksanakan diskusi melalui internet yang dapat diikuti dengan jumlah peserta yang banyak, sehingga menambah ilmu pengetahuan dan wawasan yang lebih luas.
  •       Berubahnya peran peserta didik dari yang biasanya pasif menjadi aktif.
  •    Relatif lebih efisien. Misalnya bagi yang mereka tinggal jauh dari perguruan tinggi atau sekolah konvensional, bagi mereka yang sibuk bekerja, bagi mereka yang bertugas di kapal, di luar negeri, dan sebagainya.



  •  Kekurangan e-learning
Kekurangan E-learning menurut L. Gavrilova (2006:354) adalah pembelajaran dengan model E-learning membutuhkan peralatan tambahan yang lebih (seperti komputer, monitor, keyboard, dsb). Kekurangan E-learning yang diuraikan oleh Nursalam (2008:140) sebagai berikut :

  1. Kurangnya interaksi antara pengajar dan pelajar atau bahkan antar pelajar itu sendiri.
  2. Kecenderungan mengabaikan aspek akademik atau aspek sosial dan sebaliknya membuat tumbuhnya aspek bisnis/komersial.
  3. Proses belajar mengajar cenderung ke arah pelatihan daripada pendidikan.
  4. Berubahnya peran pengajar dari yang semula menguasai teknik pembelajaran konvensional, kini juga dituntut mengetahui teknik pembelajaran yang menggunakan ICT (information, communication, dan technology).
  5. Tidak semua tempat tersedia fasilitas internet ( mungkin hal ini berkaitan dengan masalah tersedianya listrik, telepon, ataupun komputer).
  6. Kurangnya sumber daya manusia yang menguasai internet.
  7. Kurangnya penguasaan bahasa komputer.
  8. Akses pada komputer yang memadai dapat menjadi masalah tersendiri bagi peserta didik.
  9. Peserta didik bisa frustasi jika mereka tidak bisa mengakses grafik, gambar, dan video karena peralatan yang tidak memadai.
  10. Tersedianya infrastruktur yang bisa dipenuhi.
  11. Informasi dapat bervariasi dalam kualitas dan akurasi sehingga penduan dan fitur pertanyaan diperlukan.
  12. Peserta didik dapat merasa terisolasi.

0 komentar:

Posting Komentar