A. Sejarah Microsoft Office Word
Sejarah
panjang perjalanan Microsoft office hingga saat ini, bayak perubahaan dan
penambahan fasilitas. Sejak pertama kali di luncurkan tanggal 30 Agustus 1992.
Waktu itu aplikasi perkantoran ini diberi nama Microsoft office versi 3.0 pada
versi tersebut Microsoft office menyertakan Microsoft word sebagai pengola
kata, Microsoft excel sebagai pengolahan angkan, Microsoft powerpoint digunakan
sebagai aplikasi presentasi yang handal dan Microsoft mail digunakan untuk
menerima dan mengirim email.
Setelah
popular dengan Microsoft office 3.0. pada tahun 1995-an Microsoft kembali
meluncurkan Microsoft office 95 bersamaan waktu itu Microsoft meluncurkan
system operasi Microsoft windows 95. Pada system operasi ini merombak total
windows versi 3.1 dan windows 3.11.
Sejalan
dengan perkembangan system Microsoft windows, Microsoft office sendiri terus
berkembang dan semakin mapan dan terus digandrungi serta digunakan oleh sebagai
besar masyarakat computer di dunia termasuk di Indonesia.
Sampai
pada tahun 2000-an Microsoft sudah meluncurkan beberapa versi Microsoft office
dan sampai saat ini masih tetap digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran
modern. Beberapa versi dari Microsoft office yang masih bayak digunakan saat
ini antaralain Microsoft office 2000, Microsoft office XP 2002 dan Microsoft
office 2003. Pada kenyataanya sampai saat ini masih bayak kemampuan Microsoft
office 2003 masih belum tersentuh oleh pemakayannya. Namun sejalan dengan
perkembangan teknologi dan system operasi yang juga terus berkembang.
Microsoft
word 2007 merupakan sebuah program aplikasi pengolahan kata (word processor)
buatan Microsoft corporation MS. Word 2007 merupakan hasil perkembangan
beberapa versi sebelumnya. MS. Word tampil lebih user friendly da sudah
menggunakan ribbon sebagai standar baru alam menampilkan menu-menu tool.
Berdasarkan klaim mereka, ribbon adalah sebuah inovasi yang kelak di masa
mendatang menjadi sebuah standar bagi tampilan menu.
B. Definisi Microsoft Office Word
Microsoft
Word atau Microsoft Office Word atau Word adalah perangkat lunak pengolah kata
(word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama
Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk
berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX,
OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft
Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Di Microsoft
Office 2013, Namanya cukup dinamakan Word'.
C. Langkah Mengaktifkan Microsoft Office Word
Memulai
menggunakan Word 2007Untuk menggunakan dan mengaktifkan word 2007 dapat
dilakukan dengan langkah sebagai berikut :
1.
Klik menu start pada taskbar
2.
Klik all programs -->Microsoft Office --> Microsoft Office Word 2007
D. Elemen- elemen Jendela Microsoft Office
Word
Mengenal
Elemen Jendela Word :
Menu
Bar menu bar bisa dibilang sama seperti menu horizontal pada blog, yang
mempunyai sub-sub menu.Menu bar terdiri atas Home, Insert, Page Layout,
References, Mailings, Review, dan View.
- Home: merupakan menu utama yang akan tampil pada saat pertama kali anda membuka word2007. Menu home terdiri dari toolbar standar yaitu font, tool bar formatting dan paragraph, styledan editing serta clipboard.
- Insert terdiri dari : Pages, Tables, Illustrations, Links, Header & Footer, Text, Symbol.
- Page Layout terdiri dari : Themes, Page Setup, Page Background, Paragraph, Arrange.
- References terdiri dari : Table of Contents, Footnotes, Citations & Bibliography, Captions,Index, Table of Authorities.
- Mailings terdiri dari : create, start mail merge, write & insert Fields, preview results, finish.
- Review terdiri dari : proofing Comments, Tracking, changes, Compare, Protect.
E. Fungsi dan Sub Fungsi Microsoft Office
Word
Menu dalam Microsoft Word
1. Menu
file
Menu
yang berhubungan dengan operasi terhadap file dokumen dengan sub menu sebagai
berikut :
- Submenu Fungsi
o New membuat dokumen baru.
o Open membuka file dari piranti/ media
menyimpan
o Close menutup jendela dokumen aktif
o Save menyimpan dokumen yang masih aktif
o Save AS menyimpan dokumen yang belum
mempunyai nama atau mengganti nama file dokumen yang akan disimpan.
o Save As menyimpan dokumen dalam bentuk
halaman web.
o Web Page melihat contoh tampilan halaman
web yang dibuat dana yang akan di cetak.
o Preview Page Setup mengatur halaman dokumen
yang akan di cetak.
o Prin Preview melihat contoh hasil cetakan dokumen
(margins, ukuran kertas) sebelum dicetak melalui printer.
o Print mencetak dokumen
o Send To mengirim dokumen
o Properties Membuat ringkasan dari dokemen
yang aktif
o Exit keluar dari word sebelum menutup semua
dokumen
2.Menu
Edit
Menu
yang berhubungan dengan penyuntigan (editing) terhadap file dokumen dengan
submenu sebagai berikut:
- Submenu Fungsi
o Undo membatalkan perintah yang terakhir di
lakukan
o Repeat mengulangi perintah terakhir yang
sebelumnya dibatalkan melalui perintah Undo
o Cut memotong sebagian atau seluruh data
o Copi menyalin data
o Paste menyisipkan/meletakkan hasil copi dan
cut paste special fasilitas pendukung perintah cut dan copi terhadap hiperling
pada document
o Clear membersihan atau menghapus semua data
yang ada di dokumen.
o Select All memilih (memblok) seluruh isi
dari dokumen
o Find mencari data pada dokumen
o Replace menggantikan data pada dokumen
dengan data baru
o Go To berpindah ke halaman tertentu dari
bagian-bagian dokumen atau footnote
o Links menampilkan atau mengubah setiap link
yang ada di file dokumen
o Objek Mengedit objek yang berasal dari
insert yang behubungan dengan link (objek Clipart, dll)
3.Menu
View
Menu
yang berhubungan dengan tampilan dari file dokumen dengan submenu sbb:
- SubmenuFungsi
o Normal menampilkan dokumen dalam status
normal
o Web Layouts menampilkan dokumen dalam
layouts web
o Print Layouts menentukan dokumen dalam
layouts cetak
o Outline menampilkan struktur dokumen
o Toolbars memunculkan toolbar words
o Ruler memunculkan mistar dokumen
o Dokumen Mab memunculkan bagian dari sub
bagian dari dokumen pada jendela tersendiri
o Header dan Foother membuat header dan foother
sebagai efek cetakan
o Comments menampilkan toolbars reviewing dan
comments pada dokumen
o Fotnothes menampikan cetakan kaki dokumen
o Fullscreen menampilkan dokumen satu
tayangan penuh
o Zoon mengubah ukuran penampilan dokumen
words.
4.Menu
Insert
Menu
yang berhubungan dengan penyisipan pada file dokumen. Dengan submenusebagai
berikut:
- Submenu Fungsi
o Break untuk membuat pemutusan halaman,
section, kolom ataupun teks dari dokumen word
o Page Numbers menyisipkan nomor halaman
o Date
and Time menyisipkan tanggal dan waktu
o Autotext menyisipkan teks tertentu
o Field menyisipkan field
o Symbol menyisipkan symbol
o Comments memberikan komentar ke lembar
kerja
o Footnote menyisipkan catatan kaki dokumen
o Cattions menyisipkan judul table grafik
atau persamaan dalam table
o Croosreverense menyisipkan reverensi silang
Indeks
o Tables menyisipkan indeks dokumen
o Daftar isi, daftar gambar
o Picture menyisipkan gambar dari fasilitas
cliptart, pronfile autosave oraganitation carh dan wordarth
o Textbox menyisipkan kotak yang dapat diisi
teks
o File menyisipkan file dokumen
o Objek menyisipkan objek
o Bookmark menyisipkan bookmark
o Hyperlink menyipkan teks dan gambar
hyperlink pada lembar kerja dan membuat shortcut dalam membuka lembar kerja
yang tersimpan di piranti penyimpanan.
5.Menu
format
Menu
yang berhubungan dengan operasi pengaturan terhadap file dokumen denganvsubmenu
sbbv:
- Submenu Fungsi
o Font mengatur tampilan font yang digunakan
dalam dokumen
o Paragraph mengatur paragraph
o Bullet and Numbering mengatur pemberian
tanda dan penomoran item
o Border and Sanding mengatur batas-batas dan
pembuatan efek bayangan
o Colums mengatur laju kolums dalam dokumed
o Tabs mengatur letak tabulasi dokumen
o Changecase mengubah huruf capital
o Background mengatur warna latar belakan
dari dokumen
o Theme mengganti stile dokumen
o Frames mengatur frames
o Autoformat mengatur secara otomatis
o Stile mengatur stile paragraph
6.Menu
Tools
Menu
yang berhubungan dengan oprasi terhadap file dokumen dengan submenu sbb:
- Submenu Fungsi
o Speeling and Memeriksa ejaan pada kata
dokumen
o Grammar Lamuage mengatur penggunaan
bahasa
o Wordcount Penghitungan jumlah halaman
huruf, kata dan paragraph
o Auto Correct untuk menggabungkan dokumen
o Track Changes melihat pengubahan data
yang dilakukan berdasarkan waktu, siapa dandimana pengubahan itu terjadi
didalam jaringan computer
o Protect Documen mengamankan atau
memproteksi dokumen
o Online Collaboration menyusun dan
mengadakan pertemuan beserta dengan jadwalnya, fasilitas ini terdiri dari Meet
Now, Schedule Meeting dan Web Discussion
o Mail Marge menggunakan fasilitas mail
marge
o Enveleps and Lables pembuatan surat dan
label
o LetterWizzards membuat surat dengan fasilitas
dantuan dari word
o Macro membuat atau menjalankan program
macro mengedit atau menghapus maero
o Templates and Add Ins mengaktifkan atau
menonaktifkan program add and template word
o Costumede Menta toolbars menambahkan
comman baru, membuat menu dan toolbars sesuai dengan keinginan pengguna
o Options Pilihan dalam pengaturan
7.Menu
Table
Menu
yang berhubungan dengan pembuatan table dalam dokumen. Dengan sub menu sebagai
berikut :
- Submenu Fungsi
o Draw Table membuat table dengan menggambar
o Insert menyisipkan table
o Delete mengahapus data Marge menggabungkan
sel-sel dalam table
o Splitcels memisahkan sel-sel dalam table
o Convert mengkonversi table ke teks atau
sebaliknya
o Sort mengurutkan data dalam table
o Table property menampilkan rangkuman dalam
table
8.Menu
Window
Menu
yang berhubungan dengan pengaturan terhadap jendela kerja dari dokumen dengan
sub menu sebagai berikut :
- Submenu Fungsi
o New Windows memperlihatkan dokumen yang
sedang di edit pada jendela baru
o Arrangeall mengatur jendela dari dokumen
o Spilt membagi dokumen menjadi beberapa
bagian
9.Menu
Help
Menu
yang berhubungan dengan fasilitas bantuan dari word.
Edit Dokumen
·
Page Setup
Menu-menu yang terdapat di group
Page Setup disediakan untuk melakukan pengaturan halaman, yakni dalam bidang
ukuran kertas, margin halaman, pengaturan kolom teks, dll. Halaman dokumen
dapat diatur sesuai dengan keinginan user, terutama untuk melakukan
sinkronisasi dengan jenis dan ukuran kertas yang akan digunakan nantinya.
Adapun menu perintah yang terdapat di group Page Setup yaitu : (1) Margins, (2)
Orientations, (3) Size, (4) Columns, (5) Breaks, (6 ) Line Numbers, dan (7)
Hypenation.
- Margins
Digunakan untuk mengatur batas teks
di halaman dokumen. Dengan menu ini user dapat mengatur sendiri ukuran batas
teks sebelah kanan, kiri, atas, dan bagian bawah halaman. Di menu ini user
telah disediakan bentuk margin bentuk standar. Namun user tetap berpeluang
untuk melakukan kustomisasi terhadap file dokumen garapannya.
2. Orientations
Digunakan untuk mengatur posisi
kertas sesuai keinginan pengguna. Disini hanya terdapat dua pilihan, yaitu
potrait untuk posisi kertas tegak dan landscape untuk posisi kertas datar.
3. Size
Digunakan untuk mengatur ukuran
halaman dalam rangka adaptasi dengan kertas yang nantinya akan dijadikan media
cetak. Di menu ini user telah disediakan beberapa ukuran kertas standar namun
ia tetap berkesempatan untuk mengkustomisasi ukuran sesuai dengan keinginan.
4. Columns
Digunakan untuk mengatur jumlah
kolom teks pada dokumen yang tengah digarap. Dengan menu ini user dapat
menjadikannya dua kolom, tiga kolom, dll. Di bagian ini MS. Word juga
memberikan satu peluang bagi user untuk melakukan kustomisasi terhadap kolom
teks dari dokumen yang digarap.
5. Breaks
Digunakan untuk memisahkan halaman,
kolom teks, dll. Menu ini sejatinya sudah punya lokasi di ribbon Insert namun
masih juga pesan tempat di ribbon Page Layout ini. Rupanya MS. Word punya
setumpuk alasan mengapa menu ini muncul dua kali di tempat yang berbeda. di
ribbon Insert icon ini berupa perintah langsung untuk memisahkan suatu halaman.
Namun di ribbon Page Layout, icon ini justru berupa menu pilihan. Di dalamnya
terdapat beberapa perintah yang mendukung untuk memisahkan halaman, memisahkan
kolom teks, bahkan untuk mengakhiri seksi tulisan. Selain itu, juga menyediakan
fasilitas untuk men-sett nomor halaman, juga berisi perintah untuk melanjutkan
kembali format yang telah di-break sebelumnya.
6. Line Numbers
Digunakan untuk pengaturan seputar
nomor baris dalam dokumen. Sering user dibuat kewalahan saat melakukan
pengelompokan dua penomoran yang berbeda, namun nomornya justru berkelanjutan
dari kelompok sebelumnya. Dengan menu ini user hanya perlu menyeleksi
sekelompok baris penomoran, masuk ke menu ini dan klik perintah Restart
Numbering, maka kelompok terseleksi tadi sudah menjadi dua kelompok penomoran
yang berbeda. User juga bisa melanjutkan dari penomoran sebelumnya meskipun
sudah terpaut beberapa paragraf lain.
7. Menu Hyphenation
Digunakan untuk memisah suku kata
secara otomatis dengan tanda hubung saat kata kompleks (terdiri lebih dari dua
suku kata) berada di akhir baris. Kolom yang sempit dan format teks rata
kanan-kiri menyebabkan jarak antar kata kurang ideal. Apalagi didominasi kata
kompleks. Hyphenation menangani perkara ini. Ia akan melakukan idealisasi jarak
antar kata dengan cara memisah partikel kata dengan tanda hubung dan
menyisipkan suku kata setelah tanda hubung ke baris berikutnya secara otomatis,
dan menggabungkannya kembali bila area cukup luas, dalam rangka idealisasi
jarak antar kata. Seleksi teks dimaksud atau seluruh teks di dokumen, lalu
manfaatkan perintah Hyphenation ini, dan pilih Automatic. Maka Hyphenation akan
bekerja sesuai dengan job description-nya.
·
Format Font
Format font adalah perintah untuk mengatur bentuk huruf,
ukuran huruf, warna huruf dan lain-lain yangberhubungan dengan huruf
(font).Untuk mengatur format font klik menu Format-Font atau menekan tombol
Alt-O-F sehingga muncul jendela Font seperti gambar berikut: Pada jendela Font terdapat tab Font,
Character Spacing dan Text Effect. Font untuk mengatur huruf dan Character
Spacing untuk mengatur spasi huruf dan Text Effect untuk mengatur efek dari
huruf itu sendiri.
- Tab Font
Perhatikan
pada tab Font terdapat Font, Font Style, Size, Font Color, Underline Style,
Underline Color, Effects dan Preview.Font sendiri untuk mengubah berbagai jenis
huruf yang tersedia pada Microsoft office word, Font Style untuk menentukan
bentuk huruf seperti Normal (Regular), Tebal (Bold), Miring (Italic), Tebal dan
Miring (Bold Italic), serta pada Size untuk menentukan ukuran daripada huruf
itu sendiri dimulai dari angka paling kecil adalah huruf terkecil dan angka
paling besar adalah huruf paling besar. Silahkan mencoba memilih berbagai
fariasi font dan perhatikan perubahannya pada bagian Preview. Untuk Font Color digunakan untuk
menentukan warna huruf yang akan diketik dan Underline Style digunakan untuk
menentukan bentuk garis bawah pada kata yang ingin digarisbawahi, demikian juga
dengan underline color.
- Tab Character Spacing
Spasi yang
dimaksud di sini adalah jarak spasi dari huruf yang satu ke huruf yang lain
atau spasi antar huruf. Pada character spacing terdapat
Scale, Spacing, Position dan Preview.
Selain
mengatur dengan besar kecilnya ukuran sebuah font pada tab font di sini juga
bisa di atur besar kecilnya sebuah font/huruf dalam sebuah skala (Scale)
persentasi, pilihlah persentasi yang sesuai dan perhatikan pada bagian preview.
Pada Spacing ada pilihan Normal untuk
jarak spasi antar huruf normal, Expanded untuk merenggangkan jarak antar huruf
dan Condensed untuk mempersempit jarak antar huruf yang satu dengan huruf yang
lain. Coba lakukan pemilihan antara Normal, Expanded dan Condensed dan
perhatikan pada bagian preview.
- Tab Text Effect
Pada
bagian ini untuk mengatur efek dari huruf itu sendiri dalam bentuk animasi
seperti Latar belakang huruf yang berkedip (Background Blinking) dan lain-lain.
·
Alignmen
Microsoft
Word memberikan fasilitas Alignment dalam kotak Dialoq Paragraph yang berfungsi
untuk mengatur posisi teks atau perataan teks, fasilitas ini dimaksudkan agar
dokumen yang kita kelola menjadi lebih rapi dan baik. Dalam Microsoft Word 2010
fasilitas alignment/perataan teks ini dilengkapi dengan 4 jenis, yaitu teks
rata kanan, rata tengah, rata kiri dan rata kiri dan kanan.Pengaturan perataan
teks bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa cara, yaitu dengan Ikon yang
sudah ditampilkan
·
Spasi
Jarak spasi yang dimaksud disini
adalah jarak antar baris dalam suatu tulisan atau paragraph. Semakin besar
spasinya, maka jarak antara baris tulisan diatas dan dibawahnya akan menjadi
lebih besar. Secara default Microsoft Word mengatur spasi dengan ukuran spasi 1
(single). Kita bisa mengatur jarak spasi menjadi 1,5 atau double ( 2). Namun
demikian kita masih bisa untuk mengatur sendiri jarak spasi yang kita inginkan,
seperti 1,3, 1,7, atau yang lainnya.
Untuk
mengatur jarak spasi di MS Word, yang dilakukan adalah :
- Sebelum menulis dilembar kerja, kita
bisa langsung mengatur jarak spasi. Atau bisa juga mengetik dahulu
- kemudian
baru diatur jarak spasinya, tentu saja sebelum diatur jarak spasinya, ketikan
harus diblok terlebih dahulu.
- Klik menu Home kemudian pilih tanda
panah dipojok kanan bawah pada group menu Paragraph.
- Klik tab Indents and Spacing,pada
pilihan Line Spacing klik tombol dropdown disebelah tulisan single.
- Pilih salah satu pilihan spasi yang
tersedia single, 1,5 atau double.
- Jika anda menginginkan spasi
sendiri, maka setelah menekan tombol dropdown pilihlah pilihan multiple.
- Disebelah kanannya terdapat pilihan
At. Dan isilah sesuai yang anda inginkan, missal spasi 1,3 ; 1,7 ; 2,2 atau
yang lainnya
·
Word Art
WordArt
adalah salah satu fasilitas pada microsoft .word dimana digunakan untuk
mendekorasi text dalam dokumen yang dibuat, banyak macam style WordArt Pilih
atau gunakan style mana yang paling tepat untuk mendekorasi text dalam dokumen
yang dibuat. WordArt dapat dimanfaatkan dalam berbagai keperluan. Seperti, kata
penyambutan yang dipasang didepan pintu ataupun untuk acara-acara tertentu agar
penampilan semakin menarik, pentas seni,brosur, pengumuman, dan bentuk-bentuk
publikasi lainnya misalnya. Dengan macam-macam gaya, membuat tulisan semakin
menarik dan memberikan kesan yang indah. Dan untuk menarik minat orang untuk
melihatnya membaca atau paling tidak melihat isi pengumuman atau brosur
tersebut
·
Clip Art
Mempunyai
fungsi untuk menyisipkan suatu gambar yang ada di dalam menu clip art,
microsoft sendiri menyediahkan berbagai macam gambar untuk anda gunakan.
·
Columns
Merupakan pengaturan dalam Microsoft
Word untuk membagi dokumen / tulisan menjadi beberapa baris dalam satu halaman.
Columns biasanya digunakan pada pembuatan Koran, Majalah dan
sebagainya.Langkah-langkah untuk mengatur Columns di Ms. Word antara lain :
Cara
1 :
Pilih
Menu Page Layout – Columns
Pilih
Jenis Columns yang akan anda gunakan,
Cara
2 :
Pilih
Menu Page Layout – Columns
Pilih
dan Klik More Columns, maka akan muncul Kotak Columns
Pilih
Jenis Kolom pada Present, atau tuliskan jumlah Columns pada Number Of Columns.
Untuk
mengatur jarak antar Columns terdapat pada Width and Spacing
·
Drop Cap
Drop
cap atau dropped, arti dari adalah huruf atau kata pertama dalam paragraph yang
di tampilkan lebih besar dan mencolok , guna
dari drop cap ini antara lain adalah
jika guru kamu atau seseorang meminta kamu untuk membuatkan cerita pendek ,
atau cerita rakyat dan sebagainya kamu bisa menggunkan fasilitas ini untuk ceritamu agar bisa
menjadi menarik.
·
Header Dan Footer
Header dan Footer adalah sebuah perintah
yang bisa digunakan untuk memberikan/menambahkan catatan kaki (footer) atau
header (catatan kepala).
Biasanya perintah ini digunakan
untuk naskah yang terdiri dari beberapa halaman yang terintegrasi isinya satu sama lain
seperti proposal, karya tulis ilmiah, dan lain-lain. Dengan fasilitas ini kita
bisa menambahkan nomor halaman (page number), tanggal (date), dan waktu (time)
yang bisa kita tempatkan di sebelah kiri (left), center (tengah), atau right
(kanan) dari header atau footer yang kita buat.
·
Page Number
Agar kelihatan lebih rapi dan enak
di lihat kadangkalanya kita perlu menyisipkan nomor halaman /page number ke
dalam lembar kerja di microsoft word, dengan begitu rekan bisa memberikan nomor
di setiap lebar kerja ms word secara berurutan sesuai dengan yang di harapkan.
Dengan menyisipkan atau menambahkan
page number di ms word document akan kelihatan profesional, terlebih jika di
tambahkan daftar isi. penomoran halaman /page number ini biasanya di pakai
untuk document - document resmi seperti dalam buku, proposal, makalah, data -
data lain yang memang membutuhkan penomoran halaman di dalamnya.
·
Page Border
Page border pada microsoft office
adalah garis pembatas dari sebuah halaman yang ada di dalam lembar kerja ms
word. Page boerder akan memberikan kesan kokoh pada sebuah halaman. untuk
membuat page border pada lembar kerja ms word ikuti langkah-langkah berikut:
1. Klik page layout pada menu bar
2. Pada group page background, pilih page
border.
3. Selanjutnya akan muncul menu page border pada jendela borders and shading.
4. Pada bagian setting, pilih bingkai
yang anda inginkan.
·
None artinya tidak memberikan bingkai
pada halaman
·
Box artinya memberikan bingkai pada
seluruh sisi dari sebuah halaman
·
Shadow artinya memberikan bingkai pada
halaman dengan efek bayangan.
·
3-D artinya memberikan bingkai dengan
efek 3-D pada halaman.
·
Custom artinya membuat bingkai pada sisi
tertentu pada sebuah halaman, kita bisa memberikan hanya pada bagian sisi kiri,
sisi kanan, bagian bawah maupun bagian atas saja.
Penggunan
Tentang Fungsi Tabulasi Dengan Bullets Dan Numbering Serta Dengan Multilevel
List
Bullets dan Numbering yang sangat
berfungsi untuk anda yang ingin membuat paragraph. Apa itu paragraf yaitu
beberapa rangkaian kalimat yang saling berhubungan dan rangkaian itu kemudian
membuntuk bagian yang biasa disebut dengan paragraf. Ok itu aja penjelasan
singkat mengenai paragraf, untuk penjelasan mengenai Bullets dan Numbering
bagian dari paragraf pada MS.Word anda bisa milihat di bawah ini:
- Bullets
Ini mempunyai fungsi untuk memberikan tanda bullet pada beberapa paragraf
yang anda pilih, bullet ini modelnya hitam bulat, selain itu ada juga model-model
lainnya seperti centang.
- Numbering
Sama seperti bullets, letak perbedaanya cuma bentuknya.
Kalau Numbering ini menggunakan nomor atau angka dalam penandaan paragraf yang
di pilih.
- Multilevel List
Adalah penomoran tulisan
bertingkat yang diatur secara otomatis sehingga Anda tidak perlu repot dalam
melakukan pengaturan tab-nya. Ms.Word memberikan fitur ini hanya dengan menekan
tombol tab pada keyboard, maka penomoran bertingkat akan berpindah ke level
selanjutnya. Tergantung jumlah level yang digunakan.Pada awalnya banyak
kesulitan yang dihadapi saat membuat penomoran bertingkat seperti ini, Termasuk
membuat tulisan BAB I dst secara otomatis sesuai dengan format penulisan di
instansi yang bersangkutan.
- Pada
tab Home, pilih Multilevel List pada bagian Paragraph. Kemudian pilih Define
New Multilevel List... pada dropdown menu nya.
- Akan
muncul jendela Define New Multilevel List seperti berikutPada penomoran pertama
ketikkan "Bab" (pada tutorial ini saya menggunakan format penulisan
laporan secara umum) sebelum angka yang diblok abu-abu karena angka tersebut
otomatis. Jangan lupa pilih style untuk level tersebut dengan angka romawi. Karena
judul halaman berada ditengah pilih Nothing pada bagian Follow number with:
-Klik
baris kedua dari multilevel list yang merupakan level kedua.
Masukkan
level pertama kedalamnya dengan memilih pada dropdown Include level number from
pilih level 1. kemudian batasi dengan titik. Jangan lupa, centang Legal style
numbering agar angka romawi berubah menjadi angka biasa.
- Begitu
pula pada level selanjutnya. jangan lupa Include level number from: dipilih
berurut mulai dari level 1 dan seterusnya serta batasi dengan titik.
-Pada
setiap level, perhatikan bagian Position.
·
Aligned at
merupakan posisi angka
yang pada dokumen diukur dengan centimeter mulai dari margin paling kiri.
·
Text indent at
merupakan posisi
tulisan setelah angka. bisa juga disesuaikan dengan style.
Mgm Resorts Casino (Harrah's Cherokee) - MapyRO
BalasHapusGet directions, reviews 정읍 출장안마 and information for 충청북도 출장마사지 Mgm 구미 출장샵 Resorts Casino (Harrah's 경상남도 출장샵 Cherokee) in 제주 출장마사지 Cherokee, NC.