Jumat, 31 Maret 2017

Microsoft Office Word

Edit Posted by with 1 comment


A.    Sejarah Microsoft Office Word
Sejarah panjang perjalanan Microsoft office hingga saat ini, bayak perubahaan dan penambahan fasilitas. Sejak pertama kali di luncurkan tanggal 30 Agustus 1992. Waktu itu aplikasi perkantoran ini diberi nama Microsoft office versi 3.0 pada versi tersebut Microsoft office menyertakan Microsoft word sebagai pengola kata, Microsoft excel sebagai pengolahan angkan, Microsoft powerpoint digunakan sebagai aplikasi presentasi yang handal dan Microsoft mail digunakan untuk menerima dan mengirim email.
Setelah popular dengan Microsoft office 3.0. pada tahun 1995-an Microsoft kembali meluncurkan Microsoft office 95 bersamaan waktu itu Microsoft meluncurkan system operasi Microsoft windows 95. Pada system operasi ini merombak total windows versi 3.1 dan windows 3.11.
Sejalan dengan perkembangan system Microsoft windows, Microsoft office sendiri terus berkembang dan semakin mapan dan terus digandrungi serta digunakan oleh sebagai besar masyarakat computer di dunia termasuk di Indonesia.
Sampai pada tahun 2000-an Microsoft sudah meluncurkan beberapa versi Microsoft office dan sampai saat ini masih tetap digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran modern. Beberapa versi dari Microsoft office yang masih bayak digunakan saat ini antaralain Microsoft office 2000, Microsoft office XP 2002 dan Microsoft office 2003. Pada kenyataanya sampai saat ini masih bayak kemampuan Microsoft office 2003 masih belum tersentuh oleh pemakayannya. Namun sejalan dengan perkembangan teknologi dan system operasi yang juga terus berkembang.
Microsoft word 2007 merupakan sebuah program aplikasi pengolahan kata (word processor) buatan Microsoft corporation MS. Word 2007 merupakan hasil perkembangan beberapa versi sebelumnya. MS. Word tampil lebih user friendly da sudah menggunakan ribbon sebagai standar baru alam menampilkan menu-menu tool. Berdasarkan klaim mereka, ribbon adalah sebuah inovasi yang kelak di masa mendatang menjadi sebuah standar bagi tampilan menu.


B.     Definisi Microsoft Office Word
Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Di Microsoft Office 2013, Namanya cukup dinamakan Word'.


C.    Langkah Mengaktifkan Microsoft Office Word
Memulai menggunakan Word 2007Untuk menggunakan dan mengaktifkan word 2007 dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut :
1. Klik menu start pada taskbar
2. Klik all programs -->Microsoft Office --> Microsoft Office Word 2007



D.    Elemen- elemen Jendela Microsoft Office Word
Mengenal Elemen Jendela Word :
Menu Bar menu bar bisa dibilang sama seperti menu horizontal pada blog, yang mempunyai sub-sub menu.Menu bar terdiri atas Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View.

  • Home: merupakan menu utama yang akan tampil pada saat pertama kali anda membuka word2007. Menu home terdiri dari toolbar standar yaitu font, tool bar formatting dan paragraph, styledan editing serta clipboard.
  • Insert terdiri dari : Pages, Tables, Illustrations, Links, Header & Footer, Text, Symbol.
  • Page Layout terdiri dari : Themes, Page Setup, Page Background, Paragraph, Arrange.
  • References terdiri dari : Table of Contents, Footnotes, Citations & Bibliography, Captions,Index, Table of Authorities.
  • Mailings terdiri dari : create, start mail merge, write & insert Fields, preview results, finish.
  • Review terdiri dari : proofing Comments, Tracking, changes, Compare, Protect.



E.     Fungsi dan Sub Fungsi Microsoft Office Word
   Menu dalam Microsoft Word
1. Menu file
Menu yang berhubungan dengan operasi terhadap file dokumen dengan sub menu sebagai berikut :
  • Submenu Fungsi

o    New membuat dokumen baru.
o    Open membuka file dari piranti/ media menyimpan
o    Close menutup jendela dokumen aktif
o    Save menyimpan dokumen yang masih aktif
o    Save AS menyimpan dokumen yang belum mempunyai nama atau mengganti nama file dokumen yang akan disimpan.
o    Save As menyimpan dokumen dalam bentuk halaman web.
o    Web Page melihat contoh tampilan halaman web yang dibuat dana yang akan di cetak.
o    Preview Page Setup mengatur halaman dokumen yang akan di cetak.
o    Prin Preview melihat contoh hasil cetakan dokumen (margins, ukuran kertas) sebelum dicetak melalui printer.
o    Print mencetak dokumen
o    Send To mengirim dokumen
o    Properties Membuat ringkasan dari dokemen yang aktif
o    Exit keluar dari word sebelum menutup semua dokumen


2.Menu Edit
Menu yang berhubungan dengan penyuntigan (editing) terhadap file dokumen dengan submenu sebagai berikut:
  •   Submenu Fungsi

o    Undo membatalkan perintah yang terakhir di lakukan
o    Repeat mengulangi perintah terakhir yang sebelumnya dibatalkan melalui perintah Undo
o    Cut memotong sebagian atau seluruh data
o    Copi menyalin data
o    Paste menyisipkan/meletakkan hasil copi dan cut paste special fasilitas pendukung perintah cut dan copi terhadap hiperling pada document
o    Clear membersihan atau menghapus semua data yang ada di dokumen.
o    Select All memilih (memblok) seluruh isi dari dokumen
o    Find mencari data pada dokumen
o    Replace menggantikan data pada dokumen dengan data baru
o    Go To berpindah ke halaman tertentu dari bagian-bagian dokumen atau footnote
o    Links menampilkan atau mengubah setiap link yang ada di file dokumen
o    Objek Mengedit objek yang berasal dari insert yang behubungan dengan link (objek Clipart, dll)


3.Menu View
Menu yang berhubungan dengan tampilan dari file dokumen dengan submenu sbb:
  • SubmenuFungsi

o    Normal menampilkan dokumen dalam status normal
o    Web Layouts menampilkan dokumen dalam layouts web
o    Print Layouts menentukan dokumen dalam layouts cetak
o    Outline menampilkan struktur dokumen
o    Toolbars memunculkan toolbar words
o    Ruler memunculkan mistar dokumen
o    Dokumen Mab memunculkan bagian dari sub bagian dari dokumen pada jendela tersendiri
o    Header dan Foother membuat header dan foother sebagai efek cetakan
o    Comments menampilkan toolbars reviewing dan comments pada dokumen
o    Fotnothes menampikan cetakan kaki dokumen
o    Fullscreen menampilkan dokumen satu tayangan penuh
o    Zoon mengubah ukuran penampilan dokumen words.


4.Menu Insert
Menu yang berhubungan dengan penyisipan pada file dokumen. Dengan submenusebagai berikut:
  • Submenu Fungsi

o    Break untuk membuat pemutusan halaman, section, kolom ataupun teks dari dokumen word
o    Page Numbers menyisipkan nomor halaman
o    Date and Time menyisipkan tanggal dan waktu
o    Autotext menyisipkan teks tertentu
o    Field menyisipkan field
o    Symbol menyisipkan symbol
o    Comments memberikan komentar ke lembar kerja
o    Footnote menyisipkan catatan kaki dokumen
o    Cattions menyisipkan judul table grafik atau persamaan dalam table
o    Croosreverense menyisipkan reverensi silang Indeks
o    Tables menyisipkan indeks dokumen
o    Daftar isi, daftar gambar
o    Picture menyisipkan gambar dari fasilitas cliptart, pronfile autosave oraganitation carh dan wordarth
o    Textbox menyisipkan kotak yang dapat diisi teks
o    File menyisipkan file dokumen
o    Objek menyisipkan objek
o    Bookmark menyisipkan bookmark
o    Hyperlink menyipkan teks dan gambar hyperlink pada lembar kerja dan membuat shortcut dalam membuka lembar kerja yang tersimpan di piranti penyimpanan.


5.Menu format
Menu yang berhubungan dengan operasi pengaturan terhadap file dokumen denganvsubmenu sbbv:
  • Submenu Fungsi

o    Font mengatur tampilan font yang digunakan dalam dokumen
o    Paragraph mengatur paragraph
o    Bullet and Numbering mengatur pemberian tanda dan penomoran item
o    Border and Sanding mengatur batas-batas dan pembuatan efek bayangan
o    Colums mengatur laju kolums dalam dokumed
o    Tabs mengatur letak tabulasi dokumen
o    Changecase mengubah huruf capital
o    Background mengatur warna latar belakan dari dokumen
o    Theme mengganti stile dokumen
o    Frames mengatur frames
o    Autoformat mengatur secara otomatis
o    Stile mengatur stile paragraph


6.Menu Tools
Menu yang berhubungan dengan oprasi terhadap file dokumen dengan submenu sbb:
  • Submenu Fungsi

o      Speeling and Memeriksa ejaan pada kata dokumen
o      Grammar Lamuage mengatur penggunaan bahasa
o      Wordcount Penghitungan jumlah halaman huruf, kata dan paragraph
o      Auto Correct untuk menggabungkan dokumen
o   Track Changes melihat pengubahan data yang dilakukan berdasarkan waktu, siapa dandimana pengubahan itu terjadi didalam jaringan computer
o      Protect Documen mengamankan atau memproteksi dokumen
o    Online Collaboration menyusun dan mengadakan pertemuan beserta dengan jadwalnya, fasilitas ini terdiri dari Meet Now, Schedule Meeting dan Web Discussion
o      Mail Marge menggunakan fasilitas mail marge
o      Enveleps and Lables pembuatan surat dan label
o      LetterWizzards membuat surat dengan fasilitas dantuan dari word
o      Macro membuat atau menjalankan program macro mengedit atau menghapus maero
o      Templates and Add Ins mengaktifkan atau menonaktifkan program add and template word
o     Costumede Menta toolbars menambahkan comman baru, membuat menu dan toolbars sesuai dengan keinginan pengguna
o      Options Pilihan dalam pengaturan


7.Menu Table
Menu yang berhubungan dengan pembuatan table dalam dokumen. Dengan sub menu sebagai berikut :
  • Submenu Fungsi

o    Draw Table membuat table dengan menggambar
o    Insert menyisipkan table
o    Delete mengahapus data Marge menggabungkan sel-sel dalam table
o    Splitcels memisahkan sel-sel dalam table
o    Convert mengkonversi table ke teks atau sebaliknya
o    Sort mengurutkan data dalam table  
o    Table property menampilkan rangkuman dalam table


8.Menu Window
Menu yang berhubungan dengan pengaturan terhadap jendela kerja dari dokumen dengan sub menu sebagai berikut :
  • Submenu Fungsi

o    New Windows memperlihatkan dokumen yang sedang di edit pada jendela baru
o    Arrangeall mengatur jendela dari dokumen
o    Spilt membagi dokumen menjadi beberapa bagian

9.Menu Help
Menu yang berhubungan dengan fasilitas bantuan dari word.


Edit Dokumen
·         Page Setup
Menu-menu yang terdapat di group Page Setup disediakan untuk melakukan pengaturan halaman, yakni dalam bidang ukuran kertas, margin halaman, pengaturan kolom teks, dll. Halaman dokumen dapat diatur sesuai dengan keinginan user, terutama untuk melakukan sinkronisasi dengan jenis dan ukuran kertas yang akan digunakan nantinya. Adapun menu perintah yang terdapat di group Page Setup yaitu : (1) Margins, (2) Orientations, (3) Size, (4) Columns, (5) Breaks, (6 ) Line Numbers, dan (7) Hypenation.
  1. Margins

Digunakan untuk mengatur batas teks di halaman dokumen. Dengan menu ini user dapat mengatur sendiri ukuran batas teks sebelah kanan, kiri, atas, dan bagian bawah halaman. Di menu ini user telah disediakan bentuk margin bentuk standar. Namun user tetap berpeluang untuk melakukan kustomisasi terhadap file dokumen garapannya.

   2.  Orientations
Digunakan untuk mengatur posisi kertas sesuai keinginan pengguna. Disini hanya terdapat dua pilihan, yaitu potrait untuk posisi kertas tegak dan landscape untuk posisi kertas datar.

   3.  Size
Digunakan untuk mengatur ukuran halaman dalam rangka adaptasi dengan kertas yang nantinya akan dijadikan media cetak. Di menu ini user telah disediakan beberapa ukuran kertas standar namun ia tetap berkesempatan untuk mengkustomisasi ukuran sesuai dengan keinginan.

 4.   Columns
Digunakan untuk mengatur jumlah kolom teks pada dokumen yang tengah digarap. Dengan menu ini user dapat menjadikannya dua kolom, tiga kolom, dll. Di bagian ini MS. Word juga memberikan satu peluang bagi user untuk melakukan kustomisasi terhadap kolom teks dari dokumen yang digarap.

 5.  Breaks
Digunakan untuk memisahkan halaman, kolom teks, dll. Menu ini sejatinya sudah punya lokasi di ribbon Insert namun masih juga pesan tempat di ribbon Page Layout ini. Rupanya MS. Word punya setumpuk alasan mengapa menu ini muncul dua kali di tempat yang berbeda. di ribbon Insert icon ini berupa perintah langsung untuk memisahkan suatu halaman. Namun di ribbon Page Layout, icon ini justru berupa menu pilihan. Di dalamnya terdapat beberapa perintah yang mendukung untuk memisahkan halaman, memisahkan kolom teks, bahkan untuk mengakhiri seksi tulisan. Selain itu, juga menyediakan fasilitas untuk men-sett nomor halaman, juga berisi perintah untuk melanjutkan kembali format yang telah di-break sebelumnya.

6.  Line Numbers
Digunakan untuk pengaturan seputar nomor baris dalam dokumen. Sering user dibuat kewalahan saat melakukan pengelompokan dua penomoran yang berbeda, namun nomornya justru berkelanjutan dari kelompok sebelumnya. Dengan menu ini user hanya perlu menyeleksi sekelompok baris penomoran, masuk ke menu ini dan klik perintah Restart Numbering, maka kelompok terseleksi tadi sudah menjadi dua kelompok penomoran yang berbeda. User juga bisa melanjutkan dari penomoran sebelumnya meskipun sudah terpaut beberapa paragraf lain.

 7.  Menu Hyphenation
Digunakan untuk memisah suku kata secara otomatis dengan tanda hubung saat kata kompleks (terdiri lebih dari dua suku kata) berada di akhir baris. Kolom yang sempit dan format teks rata kanan-kiri menyebabkan jarak antar kata kurang ideal. Apalagi didominasi kata kompleks. Hyphenation menangani perkara ini. Ia akan melakukan idealisasi jarak antar kata dengan cara memisah partikel kata dengan tanda hubung dan menyisipkan suku kata setelah tanda hubung ke baris berikutnya secara otomatis, dan menggabungkannya kembali bila area cukup luas, dalam rangka idealisasi jarak antar kata. Seleksi teks dimaksud atau seluruh teks di dokumen, lalu manfaatkan perintah Hyphenation ini, dan pilih Automatic. Maka Hyphenation akan bekerja sesuai dengan job description-nya.

·         Format Font
Format font adalah perintah untuk mengatur bentuk huruf, ukuran huruf, warna huruf dan lain-lain yangberhubungan dengan huruf (font).Untuk mengatur format font klik menu Format-Font atau menekan tombol Alt-O-F sehingga muncul jendela Font seperti gambar berikut: Pada jendela Font terdapat tab Font, Character Spacing dan Text Effect. Font untuk mengatur huruf dan Character Spacing untuk mengatur spasi huruf dan Text Effect untuk mengatur efek dari huruf itu sendiri.
  • Tab Font

Perhatikan pada tab Font terdapat Font, Font Style, Size, Font Color, Underline Style, Underline Color, Effects dan Preview.Font sendiri untuk mengubah berbagai jenis huruf yang tersedia pada Microsoft office word, Font Style untuk menentukan bentuk huruf seperti Normal (Regular), Tebal (Bold), Miring (Italic), Tebal dan Miring (Bold Italic), serta pada Size untuk menentukan ukuran daripada huruf itu sendiri dimulai dari angka paling kecil adalah huruf terkecil dan angka paling besar adalah huruf paling besar. Silahkan mencoba memilih berbagai fariasi font dan perhatikan perubahannya pada bagian Preview. Untuk Font Color digunakan untuk menentukan warna huruf yang akan diketik dan Underline Style digunakan untuk menentukan bentuk garis bawah pada kata yang ingin digarisbawahi, demikian juga dengan underline color.

  • Tab Character Spacing

Spasi yang dimaksud di sini adalah jarak spasi dari huruf yang satu ke huruf yang lain atau spasi antar huruf. Pada character spacing terdapat Scale, Spacing, Position dan Preview.
Selain mengatur dengan besar kecilnya ukuran sebuah font pada tab font di sini juga bisa di atur besar kecilnya sebuah font/huruf dalam sebuah skala (Scale) persentasi, pilihlah persentasi yang sesuai dan perhatikan pada bagian preview.
Pada Spacing ada pilihan Normal untuk jarak spasi antar huruf normal, Expanded untuk merenggangkan jarak antar huruf dan Condensed untuk mempersempit jarak antar huruf yang satu dengan huruf yang lain. Coba lakukan pemilihan antara Normal, Expanded dan Condensed dan perhatikan pada bagian preview.

  • Tab Text Effect

Pada bagian ini untuk mengatur efek dari huruf itu sendiri dalam bentuk animasi seperti Latar belakang huruf yang berkedip (Background Blinking) dan lain-lain.


·         Alignmen
Microsoft Word memberikan fasilitas Alignment dalam kotak Dialoq Paragraph yang berfungsi untuk mengatur posisi teks atau perataan teks, fasilitas ini dimaksudkan agar dokumen yang kita kelola menjadi lebih rapi dan baik. Dalam Microsoft Word 2010 fasilitas alignment/perataan teks ini dilengkapi dengan 4 jenis, yaitu teks rata kanan, rata tengah, rata kiri dan rata kiri dan kanan.Pengaturan perataan teks bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa cara, yaitu dengan Ikon yang sudah ditampilkan

·         Spasi
Jarak spasi yang dimaksud disini adalah jarak antar baris dalam suatu tulisan atau paragraph. Semakin besar spasinya, maka jarak antara baris tulisan diatas dan dibawahnya akan menjadi lebih besar. Secara default Microsoft Word mengatur spasi dengan ukuran spasi 1 (single). Kita bisa mengatur jarak spasi menjadi 1,5 atau double ( 2). Namun demikian kita masih bisa untuk mengatur sendiri jarak spasi yang kita inginkan, seperti 1,3, 1,7, atau yang lainnya.
Untuk mengatur jarak spasi di MS Word, yang dilakukan adalah :
- Sebelum menulis dilembar kerja, kita bisa langsung mengatur jarak spasi. Atau bisa juga mengetik dahulu
- kemudian baru diatur jarak spasinya, tentu saja sebelum diatur jarak spasinya, ketikan harus diblok terlebih dahulu.
- Klik menu Home kemudian pilih tanda panah dipojok kanan bawah pada group menu Paragraph.
- Klik tab Indents and Spacing,pada pilihan Line Spacing klik tombol dropdown disebelah tulisan single.
- Pilih salah satu pilihan spasi yang tersedia single, 1,5 atau double.
- Jika anda menginginkan spasi sendiri, maka setelah menekan tombol dropdown pilihlah pilihan multiple.
- Disebelah kanannya terdapat pilihan At. Dan isilah sesuai yang anda inginkan, missal spasi 1,3 ; 1,7 ; 2,2 atau yang lainnya

·         Word Art
WordArt adalah salah satu fasilitas pada microsoft .word dimana digunakan untuk mendekorasi text dalam dokumen yang dibuat, banyak macam style WordArt Pilih atau gunakan style mana yang paling tepat untuk mendekorasi text dalam dokumen yang dibuat. WordArt dapat dimanfaatkan dalam berbagai keperluan. Seperti, kata penyambutan yang dipasang didepan pintu ataupun untuk acara-acara tertentu agar penampilan semakin menarik, pentas seni,brosur, pengumuman, dan bentuk-bentuk publikasi lainnya misalnya. Dengan macam-macam gaya, membuat tulisan semakin menarik dan memberikan kesan yang indah. Dan untuk menarik minat orang untuk melihatnya membaca atau paling tidak melihat isi pengumuman atau brosur tersebut

·         Clip Art
Mempunyai fungsi untuk menyisipkan suatu gambar yang ada di dalam menu clip art, microsoft sendiri menyediahkan berbagai macam gambar untuk anda gunakan.

·         Columns
Merupakan pengaturan dalam Microsoft Word untuk membagi dokumen / tulisan menjadi beberapa baris dalam satu halaman. Columns biasanya digunakan pada pembuatan Koran, Majalah dan sebagainya.Langkah-langkah untuk mengatur Columns di Ms. Word antara lain :
Cara 1 :
Pilih Menu Page Layout – Columns
Pilih Jenis  Columns yang akan anda gunakan,
Cara 2 :
Pilih Menu Page Layout – Columns
Pilih dan Klik More Columns, maka akan muncul Kotak Columns
Pilih Jenis Kolom pada Present, atau tuliskan jumlah Columns pada Number Of Columns.
Untuk mengatur jarak antar Columns terdapat pada Width and Spacing

·         Drop Cap
Drop cap atau dropped, arti dari adalah huruf atau kata pertama dalam paragraph yang di tampilkan lebih besar dan mencolok , guna dari drop cap ini antara lain adalah jika guru kamu atau seseorang meminta kamu untuk membuatkan cerita pendek , atau cerita rakyat dan sebagainya kamu bisa menggunkan fasilitas ini untuk ceritamu agar bisa menjadi menarik.
           
·         Header Dan Footer
Header dan Footer adalah sebuah perintah yang bisa digunakan untuk memberikan/menambahkan catatan kaki (footer) atau header (catatan kepala).
Biasanya perintah ini digunakan untuk naskah yang terdiri dari beberapa halaman yang terintegrasi isinya satu sama lain seperti proposal, karya tulis ilmiah, dan lain-lain. Dengan fasilitas ini kita bisa menambahkan nomor halaman (page number), tanggal (date), dan waktu (time) yang bisa kita tempatkan di sebelah kiri (left), center (tengah), atau right (kanan) dari header atau footer yang kita buat.
·         Page Number
Agar kelihatan lebih rapi dan enak di lihat kadangkalanya kita perlu menyisipkan nomor halaman /page number ke dalam lembar kerja di microsoft word, dengan begitu rekan bisa memberikan nomor di setiap lebar kerja ms word secara berurutan sesuai dengan yang di harapkan.
Dengan menyisipkan atau menambahkan page number di ms word document akan kelihatan profesional, terlebih jika di tambahkan daftar isi. penomoran halaman /page number ini biasanya di pakai untuk document - document resmi seperti dalam buku, proposal, makalah, data - data lain yang memang membutuhkan penomoran halaman di dalamnya.

·         Page Border
Page border pada microsoft office adalah garis pembatas dari sebuah halaman yang ada di dalam lembar kerja ms word. Page boerder akan memberikan kesan kokoh pada sebuah halaman. untuk membuat page border pada lembar kerja ms word ikuti langkah-langkah berikut:
1.      Klik page layout pada menu bar
2.      Pada group page background, pilih page border.
3.      Selanjutnya akan muncul menu page border pada jendela borders and shading.
4.      Pada bagian setting, pilih bingkai yang anda inginkan.
·         None artinya tidak memberikan bingkai pada halaman
·         Box artinya memberikan bingkai pada seluruh sisi dari sebuah halaman
·         Shadow artinya memberikan bingkai pada halaman dengan efek bayangan.
·         3-D artinya memberikan bingkai dengan efek 3-D pada halaman.
·         Custom artinya membuat bingkai pada sisi tertentu pada sebuah halaman, kita bisa memberikan hanya pada bagian sisi kiri, sisi kanan, bagian bawah maupun bagian atas saja.

Penggunan Tentang Fungsi Tabulasi Dengan Bullets Dan Numbering Serta Dengan Multilevel List
Bullets dan Numbering yang sangat berfungsi untuk anda yang ingin membuat paragraph. Apa itu paragraf yaitu beberapa rangkaian kalimat yang saling berhubungan dan rangkaian itu kemudian membuntuk bagian yang biasa disebut dengan paragraf. Ok itu aja penjelasan singkat mengenai paragraf, untuk penjelasan mengenai Bullets dan Numbering bagian dari paragraf pada MS.Word anda bisa milihat di bawah ini:
  • Bullets

Ini mempunyai fungsi untuk memberikan tanda bullet pada beberapa paragraf yang anda pilih, bullet ini modelnya hitam bulat, selain itu ada juga model-model lainnya seperti centang.

  • Numbering

Sama seperti bullets, letak perbedaanya cuma bentuknya. Kalau Numbering ini menggunakan nomor atau angka dalam penandaan paragraf yang di pilih.

  • Multilevel List

Adalah penomoran tulisan bertingkat yang diatur secara otomatis sehingga Anda tidak perlu repot dalam melakukan pengaturan tab-nya. Ms.Word memberikan fitur ini hanya dengan menekan tombol tab pada keyboard, maka penomoran bertingkat akan berpindah ke level selanjutnya. Tergantung jumlah level yang digunakan.Pada awalnya banyak kesulitan yang dihadapi saat membuat penomoran bertingkat seperti ini, Termasuk membuat tulisan BAB I dst secara otomatis sesuai dengan format penulisan di instansi yang bersangkutan.

Pada tab Home, pilih Multilevel List pada bagian Paragraph. Kemudian pilih Define New Multilevel List... pada dropdown menu nya.
- Akan muncul jendela Define New Multilevel List seperti berikutPada penomoran pertama ketikkan "Bab" (pada tutorial ini saya menggunakan format penulisan laporan secara umum) sebelum angka yang diblok abu-abu karena angka tersebut otomatis. Jangan lupa pilih style untuk level tersebut dengan angka romawi. Karena judul halaman berada ditengah pilih Nothing pada bagian Follow number with:
-Klik baris kedua dari multilevel list yang merupakan level kedua.
Masukkan level pertama kedalamnya dengan memilih pada dropdown Include level number from pilih level 1. kemudian batasi dengan titik. Jangan lupa, centang Legal style numbering agar angka romawi berubah menjadi angka biasa.
Begitu pula pada level selanjutnya. jangan lupa Include level number from: dipilih berurut mulai dari level 1 dan seterusnya serta batasi dengan titik.
-Pada setiap level, perhatikan bagian Position.
·         Aligned at
merupakan posisi angka yang pada dokumen diukur dengan centimeter mulai dari margin paling kiri. 
·         Text indent at
merupakan posisi tulisan setelah angka. bisa juga disesuaikan dengan style.

1 komentar:

  1. Mgm Resorts Casino (Harrah's Cherokee) - MapyRO
    Get directions, reviews 정읍 출장안마 and information for 충청북도 출장마사지 Mgm 구미 출장샵 Resorts Casino (Harrah's 경상남도 출장샵 Cherokee) in 제주 출장마사지 Cherokee, NC.

    BalasHapus